Kompas TV internasional kompas dunia

Di Dubai yang Kaya Raya, Orang Miskin Dapat Sedekah Roti Gratis dari Mesin

Rabu, 28 September 2022 | 01:05 WIB
di-dubai-yang-kaya-raya-orang-miskin-dapat-sedekah-roti-gratis-dari-mesin
Seiring melonjaknya biaya hidup, distribusi roti panas gratis untuk orang miskin mulai diperkenalkan di Dubai, inisiatif penguasa Dubai Sheikh Mohammed bin Rashid Al-Maktoum. (Sumber: Straits Times)

Penulis : Edwin Shri Bimo | Editor : Vyara Lestari

DUBAI, KOMPAS.TV - Seiring melonjaknya biaya hidup, distribusi roti panas gratis untuk orang miskin mulai diperkenalkan di Dubai, emirat Teluk yang kaya di mana para jutawan bekerja sama dengan kaum migran pekerja keras, seperti laporan Straits Times, Selasa (27/9/2022).

Kota pencakar langit yang menjulang di atas gurun, yang mengimpor hampir semua makanannya, dipengaruhi oleh kenaikan harga konsumen yang cepat, tren global yang diperburuk oleh serangan Rusia ke Ukraina.

Sepuluh mesin penjual otomatis dipasang minggu lalu di sebuah supermarket, dengan layar sentuh komputer yang memungkinkan orang memilih berbagai jenis: roti untuk sandwich, roti pita, atau chapati atau roti datar ala India.

Mesin itu juga dipasang pembaca kartu kredit, untuk kaum dermawan memberi sumbangan, bukan untuk membayar roti.

“Seorang teman memberi tahu saya ada roti gratis, jadi saya datang,” kata Bigandar, seorang pemuda dari Nepal yang bekerja di tempat cuci mobil, yang tidak mau menyebutkan nama lengkapnya.

Seperti jutaan migran dari Asia, dia bermimpi menghasilkan banyak uang di Uni Emirat Arab (UEA).

Dia menuju Dubai, sebuah kota yang punya reputasi konsumtif dan kelebihan yang mencolok.

Menurut angka pemerintah dari Pusat Statistik Dubai, indeks harga pangan, yang melacak perubahan bulanan dalam biaya sekeranjang komoditas pangan, naik 8,75 persen pada bulan Juli, menurut angka tahun ke tahun.

Biaya transportasi melonjak lebih dari 38 persen.

Baca Juga: Cerai dengan Istri Ke-6, Syekh Penguasa Dubai Harus Bayar Tunjangan Nafkah Rp10,5 Triliun

Koki sedang memasukkan roti sedekah ke mesin otomatis. Seiring melonjaknya biaya hidup, distribusi roti panas gratis untuk orang miskin mulai diperkenalkan di Dubai, inisiatif penguasa Dubai Sheikh Mohammed bin Rashid Al-Maktoum. (Sumber: Deccan Herald)

'Tertinggal'

Mesin pembuat roti ini merupakan inisiatif dari yayasan yang didirikan oleh penguasa Dubai, Sheikh Mohammed bin Rashid Al-Maktoum.

"Idenya adalah untuk pergi ke keluarga dan pekerja yang kurang beruntung sebelum mereka datang kepada kami," kata direktur yayasan, Zeinab Joumaa al-Tamimi.


Sumber : Kompas TV/Straits Times

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

REKOMENDASI UNTUK ANDA

Powered by



Video Pilihan

BERITA LAINNYA


Close Ads x