Kompas TV internasional kompas dunia

Xi Jinping Muncul Pertama Kali sejak Isu Kudeta, Kunjungi Pameran di Beijing

Kompas.tv - 27 September 2022, 21:24 WIB
xi-jinping-muncul-pertama-kali-sejak-isu-kudeta-kunjungi-pameran-di-beijing
Ilustrasi. Presiden China Xi Jinping. Xi Jinping mengunjungi sebuah pameran di Beijing, Selasa (27/9/2022), penampilannya yang pertama di hadapan publik sejak isu kudeta. (Sumber: Sergei Bobylev, Sputnik, Kremlin Pool Photo via AP)
Penulis : Ikhsan Abdul Hakim | Editor : Vyara Lestari

YOGYAKARTA, KOMPAS.TV - Presiden China Xi Jinping dilaporkan mengunjungi sebuah pameran di Beijing, Selasa (27/9/2022). Ini adalah penampilan publik pertama Xi sepulangnya dari Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Shanghai Cooperation Organisation (SCO) di Uzbekistan pada pertengahan September lalu.

Berkunjungnya sang presiden ke sebuah pameran di Beijing tersebut disiarkan oleh televisi negeri China sebagaimana dilansir The Hindustan Times.

Kunjungan Xi ke pameran sekaligus menjadi kemunculan publik pertamanya sejak isu kudeta yang berembus pada akhir pekan lalu.

Sebelumnya, usai Xi tak kunjung terlihat sepulangnya dari Uzbekistan, muncul rumor bahwa ia dikudeta militer dan ditaruh dalam tahanan rumah.

Baca Juga: Xi Jinping Masuk Daftar Delegasi Kongres Nasional Partai Komunis China, Rumor Kudeta Terbantahkan?

Akan tetapi, kebanyakan pengamat menyebut rumor kudeta itu sebagai hoaks belaka.

Rumor kudeta terhadap Xi Jinping pun semakin terbantahkan usai sang presiden masuk dalam daftar delegasi peserta Kongres Nasional Partai Komunis China yang dipublikasikan pada Minggu (25/9).

Dalam Kongres Partai Komunis China ke-20, Xi Jinping diyakini akan dipilih kembali menjadi presiden China untuk yang ketiga kalinya.

Rumor kudeta terhadap Xi Jinping sendiri menyebar seiring situasi politik China yang memanas usai pembersihan sejumlah pejabat senior yang disebut sebagai oposisi sang presiden.

Pada awal September, pemerintahan Xi Jinping memenjarakan sejumlah pejabat tinggi, yakni Wakil Menteri Keamanan Masyarakat Sun Lijun, Mantan Menteri Kehakiman Fu Zhenghua, serta mantan kepala polisi di Shanghai, Chongqing, dan Shanxi atas dakwaan korupsi.

Baca Juga: Pakar AS Soal Rumor Kudeta Xi Jinping: Berawal dari Gerakan Religius yang Dipersekusi Komunis China


 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x