Kompas TV internasional krisis rusia ukraina

Inilah yang akan Terjadi setelah Referendum Ukraina Timur yang Dikuasai Rusia

Kompas.tv - 27 September 2022, 20:57 WIB
inilah-yang-akan-terjadi-setelah-referendum-ukraina-timur-yang-dikuasai-rusia
Pemilih di wilayah Donetsk dalam referendum untuk bergabung dengan Rusia. Referendum yang diadakan oleh otoritas yang dibentuk Kremlin di empat wilayah pendudukan Ukraina memasuki hari terakhirnya pada hari Selasa. (Sumber: Straits Times)
Penulis : Edwin Shri Bimo | Editor : Purwanto

MOSKOW, KOMPAS.TV - Referendum yang diadakan oleh otoritas yang dibentuk Kremlin di empat wilayah pendudukan Ukraina memasuki hari terakhirnya pada Selasa, (27/9/2022)

Pemungutan suara, yang dapat mengakibatkan empat wilayah itu diintegrasikan ke Federasi Rusia, dicap sebagai eskalasi kampanye Moskow dan disebut "palsu" oleh Kyiv dan sekutu Baratnya.

Inilah yang dikatakan media pemerintah Rusia akan terjadi selanjutnya, berdasarkan aneksasi Rusia atas Semenanjung Krimea Ukraina pada tahun 2014:

Hasil cepat

Sama seperti pencaplokan Krimea yang tidak pernah diakui oleh komunitas internasional, Kyiv dan sekutunya bersumpah untuk tidak menerima hasilnya.

Kremlin, bagaimanapun, dipandang sangat ingin memberikan penghormatan pada jajak pendapat dengan mengikuti proses pemungutan suara yang sah secara dangkal.

Akan ada periode penghitungan suara, setelah itu "komisi pemilihan" yang dibentuk oleh Kremlin di masing-masing dari empat wilayah akan mengumumkan "hasil sementara".

Baca Juga: Intelijen Inggris: usai Referendum, Putin Berencana Umumkan Aneksasi Empat Daerah Ukraina Pekan Ini

Pemimpin separatis Republik Rakyat Luhansk Leonid Pasechnik menunjukkan surat suaranya ketika memilih di TPS referendum bergabungnya Luhansk ke Rusia di Luhansk, Selasa (27/9/2022). (Sumber: Associated Press)

Ini diharapkan pada Selasa malam atau akhir pekan ini.

Peran Parlemen Rusia
Jika wilayah memilih untuk bergabung dengan Rusia adalah Parlemen Rusia, Duma Negara, akan menyetujui perjanjian yang secara resmi menggabungkan empat wilayah ke dalam wilayah Federasi Rusia.



Sumber : Kompas TV/Straits Times


BERITA LAINNYA



Close Ads x