Kompas TV tekno gadget

Fitur Baru Whatsapp Mirip Zoom, Pengguna Bisa Bagikan Link Undangan Video Call dan Telepon

Kompas.tv - 27 September 2022, 16:14 WIB
fitur-baru-whatsapp-mirip-zoom-pengguna-bisa-bagikan-link-undangan-video-call-dan-telepon
Ilustrasi fitur berbagi tautan panggilan WhatsApp (Sumber: Meta)
Penulis : Dian Septina | Editor : Purwanto

JAKARTA, KOMPAS.TV - WhatsApp resmi meluncurkan fitur baru yang disebut Call Links, yang menyontek link Zoom. Jika diklik, tautan (link) ini akan membawa pengguna ke ruang panggilan, termasuk video dan audio call (telepon).

Fitur ini diumumkan oleh CEO Meta, Mark Zuckerberg melalui akun pribadinya di Facebook. Menurut pria yang kerap disapa Zuck itu, fitur Call Links akan memperingkas cara melakukan panggilan telepon atau video call di WhatsApp.

"Kami meluncurkan tautan panggilan di WhatsApp mulai minggu ini, sehingga Anda bisa membagikan tautan untuk memulai panggilan (hanya) dengan satu ketukan," kata Zuckerberg, Selasa (27/9/2022).

Mark Zuckerberg juga mengatakan pihaknya sedang menguji fitur panggilan video terenkripsi hingga 32 orang. Namun rincian lainnya tidak begitu dijelaskan bos Meta tersebut.

Baca Juga: 7 Fitur Baru WhatsApp, Bisa Urutkan Pesan yang Belum Terbaca

Praktik berbagi tautan panggilan sendiri terdengar sama seperti platform video konferensi Zoom, Google Meet dan lainnya yang sudah diadopsi sejak lama.

Perbedaannya adalah, Zoom dan Google Meet mendukung fitur panggilan video terjadwal. Jadi, pengguna baru dapat bergabung ke video bila rapat atau panggilan sudah dimulai atau dibuka. Sayangnya dukungan ini belum tersedia di WhatsApp.

Berikut cara membuat link undangan telepon dan video call WhatsApp
1. Ketuk opsi 'Create call links' di tab Calls
2. Buat link untuk panggilan audio atau video
3. Bagikan link ke kontak yang mau ditambahkan

Perlu dicatat bahwa peluncuran fitur baru link panggilan WhatsApp ini bakal baru dimulai dan bergulir pekan depan. Namun fitur ini belum tersedia di Indonesia.

Baca Juga: Rekomendasi WhatsApp, Ini Cara Sukses Backup Chat WA di iPhone

 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x