Kompas TV internasional kompas dunia

Wapres Ma'ruf Amin Hadiri Pemakaman Kenegaraan Eks PM Jepang Shinzo Abe di Tokyo

Kompas.tv - 27 September 2022, 14:26 WIB
wapres-ma-ruf-amin-hadiri-pemakaman-kenegaraan-eks-pm-jepang-shinzo-abe-di-tokyo
Wakil Presiden (Wapres) Maruf Amin menyampaikan pernyataan sebelum menghadiri prosesi pemakaman kenegaraan mantan Perdana Menteri (PM) Jepang Shinzo Abe di Nippon Budokan, Choyoda, Tokyo, Selasa (27/9/2022). (Sumber: ANTARA/Desca Lidya Natalia)
Penulis : Isnaya Helmi | Editor : Edy A. Putra

JAKARTA, KOMPAS.TV  - Wakil Presiden (Wapres) Ma'ruf Amin menghadiri prosesi pemakaman kenegaraan mantan Perdana Menteri (PM) Jepang Shinzo Abe di Nippon Budokan, Choyoda, Tokyo, pada hari ini, Selasa (27/09/2022).

Ma'ruf menjelaskan, dia ditugaskan hadir karena Jepang merupakan mitra penting bagi Indonesia.

"Saya diutus untuk menghadiri ini karena pertama, Jepang memang merupakan mitra penting bagi Indonesia, terutama di bidang ekonomi," kata Ma'ruf sebelum berangkat menuju lokasi pemakaman kenegaraan di Tokyo, Selasa, dikutip dari Antara.

Wapres menilai, Shinzo Abe merupakan orang yang sangat berperan penting dalam meningkatkan hubungan Indonesia-Jepang sehingga kedua negara menjadi mitra strategis.

"Dan mempererat hubungan persahabatan yang lebih akrab antara masyarakat Indonesia dan masyarakat Jepang," ujarnya.

"Karena itu kita ingin meningkatkan hubungan yang lebih erat lagi dalam berbagai bentuk kerja sama yang lebih konkret."

Adapun sejumlah hal yang ingin dilakukan untuk mempererat hubungan kedua negara, misalnya, dengan mengingatkan kembali kesepakatan yang sudah dibuat saat Presiden Joko Widodo hadir di Tokyo pada Juli 2022.

"Misalnya, penandatanganan perubahan protokol IJEPA (Indonesia Jepang Economic Partnership Agreement), KTT G20 bulan November nanti, ada beberapa di mana Jepang akan mengambil bagian dan Jepang juga mendukung, seperti yang kemarin disampaikan PM (Jepang Fumio) Kishida," ungkapnya.

Baca Juga: Terbang ke Jepang, Ma'ruf Amin Bakal Hadiri Pemakaman Shinzo Abe


Dilansir dari laman resmi Wapres.go.id, Ma'ruf yang didampingi Wury Ma’ruf Amin tiba di tempat acara prosesi pemakaman Shinzo Abe sekitar pukul 13.45 waktu setempat.

Adapun prosesi pemakaman kenegaraan dimulai pada pukul 14.00 waktu setempat.

Prosesi diawali dengan pemberian sambutan oleh Wakil Ketua Panitia Pelayanan Pemakaman dan dilanjutkan dengan pengumandangan Lagu Kebangsaan Jepang.

Setelah itu, Wapres serta seluruh peserta prosesi pemakaman mengheningkan cipta sejenak pada moment of silence serta menyaksikan penayangan cuplikan video mendiang mantan PM Shinzo Abe.

Pada kesempatan ini, dia juga turut menyaksikan pemberian ucapan belasungkawa dari para pejabat pemerintah Jepang, dan tribut yang dilakukan oleh Kaisar Naruhito dan Permaisuri Masako beserta Kaisar Emeritus Akihito dan Permaisuri Michiko.

Di akhir prosesi pemakaman kenegaraan ini, Wapres turut melakukan peletakan karangan bunga dan memberikan penghormatan terakhir pada mendiang mantan PM Abe.

Adapun urutan peletakan karangan bunga untuk para pejabat asing adalah Presiden Palau Surangel S. Whipps, Jr., Presiden Vietnam Nguyen Xuan Phuc, Presiden Sri Lanka Ranil Wickremesinghe, Wakil Presiden Republik Indonesia K.H. Ma’ruf Amin, Wakil Presiden Amerika Serikat Kamala Harris, Wakil Presiden Filipina Sara Duterte-Carpio, dan istri Presiden Kolombia Verónica Alcocer García.

Sebagaimana diketahui, mantan PM Jepang Shinzo Abe meninggal dunia pada Jumat, 8 Juli 2022 setelah ditembak oleh seorang pria ketika sedang berpidato dalam sebuah acara kampanye di Nara, Jepang.

Baca Juga: Upacara Pemakaman Kenegaraan Mantan PM Jepang Shinzo Abe Berlangsung Tegang



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.