Kompas TV internasional kompas dunia

Duarr, Roket Percobaan NASA Hantam Asteroid dalam Uji Coba Pertahanan Bumi

Kompas.tv - 27 September 2022, 12:34 WIB
duarr-roket-percobaan-nasa-hantam-asteroid-dalam-uji-coba-pertahanan-bumi
Tabrakan di asteroid yang tidak berbahaya 11,3 juta kilometer jauhnya, dengan pesawat ruang angkasa bernama Dart yang menabrak batu ruang angkasa dengan kecepatan 22.500 km per jam (Sumber: Steve Gribben/Johns Hopkins APL/NASA via AP)
Penulis : Edwin Shri Bimo | Editor : Iman Firdaus

CAPE CANAVERAL, KOMPAS.TV— Sebuah pesawat ruang angkasa NASA bernama DART (Double Asteroid Redirection Test), hari Senin, (26/9/2022) dengan kecepatan tinggi menabrak sebuah asteroid yang tengah meluncur, dalam gladi resik yang belum pernah terjadi sebelumnya, untuk mempersiapkan hari di mana batu pembunuh angkasa mengancam untuk menghantam Bumi.

Tabrakan galaksi terjadi di asteroid yang tidak berbahaya 11,3 juta kilometer jauhnya, dengan pesawat ruang angkasa bernama DART yang menabrak batu ruang angkasa dengan kecepatan 22.500 km per jam

Para ilmuwan memperkirakan dampaknya akan menghasilkan kawah, melemparkan aliran batu dan kotoran ke luar angkasa dan, yang paling penting, mengubah arah dan orbit asteroid.

"Kami menghasilkan dampak!"  kata Elena Adams dari Mission Control mengumumkan, seraya melompat-lompat kegirangan dan mengacungkan tangannya ke atas.

Teleskop di seluruh dunia dan di luar angkasa ditujukan pada titik yang sama di langit untuk menangkap tontonan.

Meskipun dampaknya langsung terlihat, sinyal radio DART tiba-tiba berhenti, akan memakan waktu selama beberapa bulan untuk menentukan seberapa banyak jalur asteroid berubah.

Misi senilai  325 juta dollar AS adalah upaya pertama untuk menggeser posisi asteroid atau objek alami lainnya di luar angkasa.

Baca Juga: Asteroid Sebesar Bus TransJakarta Melaju Dekat Bumi Malam Nanti, Apa Dampaknya?

Pesawat ruang angkasa NASA bernama DART hari Senin, (26/9/2022) dengan kecepatan tinggi menabrak sebuah asteroid yang tengah meluncur (Sumber: Johns Hopkins APL/NASA via AP)

"Sejauh yang kami tahu, uji pertahanan planet pertama kami berhasil," kata Adams kemudian pada konferensi pers, sementara ruangan dipenuhi tepuk tangan. "Saya pikir mahluk bumi malam ini bisa tidur lebih baik. Pastinya, saya akan tidur nyenyak."

Administrator NASA Bill Nelson mengingatkan masyarakat pada hari sebelumnya melalui Twitter bahwa, "Tidak, ini bukan plot film."

Dia menambahkan dalam video yang direkam sebelumnya, "Kita semua pernah melihatnya di film seperti "Armageddon," tetapi taruhannya di kehidupan nyata (sebenarnya sangat) tinggi."

Target itu adalah asteroid 160 meter bernama Dimorphos. Ini adalah moonlet atau anak dari Didymos, bahasa Yunani untuk kembaran, asteroid yang berputar cepat lima kali lebih besar yang melemparkan material yang membentuk Dimorphos.

Pasangan asteroid ini telah mengorbit matahari selama ribuan tahun tanpa mengancam Bumi, menjadikan mereka kandidat uji penyelamat dunia yang ideal.

Diluncurkan November lalu, DART seukuran mesin penjual minuman otomatis di pinggir jalan atau stasiun kereta, adalah kependekan dari Double Asteroid Redirection Test, menavigasi ke targetnya menggunakan teknologi baru yang dikembangkan oleh Laboratorium Fisika Terapan Universitas Johns Hopkins, pembuat pesawat ruang angkasa dan manajer misi.

Kamera on-board DART, bagian penting dari sistem navigasi pintar ini, melihat Dimorphos hampir satu jam sebelum tumbukan. "Woo hoo!" seru Adams, seorang insinyur sistem misi di Johns Hopkins.

Dengan gambar yang dipancarkan kembali ke Bumi setiap detik, Adams dan pengontrol perjalanan lainnya di Laurel, Maryland, menyaksikan dengan kegembiraan yang semakin besar saat Dimorphos tampak semakin besar bersama asteroid pendampingnya yang lebih besar.

Baca Juga: Asteroid Sebesar 2 Kali Big Ben Bakal Tabrak Orbit Bumi, Cahaya Ledakannya Bisa Rusak Retina Mata

Dalam beberapa menit, Dimorphos mulai sendirian dalam gambar; tampak seperti lemon abu-abu raksasa, tetapi dengan batu-batu besar dan puing-puing di permukaannya.(Sumber: Johns Hopkins APL/NASA via AP)

Dalam beberapa menit, Dimorphos mulai sendirian dalam gambar; tampak seperti lemon abu-abu raksasa, tetapi dengan batu-batu besar dan puing-puing di permukaannya.

Gambar terakhir membeku di layar saat transmisi radio berakhir.



Sumber : Kompas TV/Associated Press

BERITA LAINNYA



Close Ads x