Kompas TV video vod

Warga Indonesia di Selandia Baru Pamerkan Budaya Indoneisa di Parade Musim Semi

Kompas.tv - 26 September 2022, 19:01 WIB
Penulis : Shinta Milenia

HASTINGS, KOMPAS.TV - Menyambut datangnya musim semi, masyarakat Indonesia di Hastings, Selandia Baru yang tergabung dalam Organisasi Kamibay berpartisipasi dalam Hastings Blossom Festival.

Tema festival tahun ini adalah 'Transport To Delight', karena itu tim Indonesia menghias kendaraan yang terinspirasi dari kereta kencana Nyi Roro Kidul.

Tidak hanya indah, 90% material kereta kencana ini terbuat dari bahan-bahan bekas yang dapat didaur ulang seperti bungkus kopi, wadah telur, botol susu, kantong belanja dan bungkus cokelat.

Melalui ide ini, Kamibay ingin menyampaikan pesan tentang keindahan yang bisa diciptakan dari bahan-bahan sederhana dan daur ulang.

Baca Juga: Kedaulatan Wilayah, Elemen Penting dalam Kehidupan Berbangsa dan Bernegara

Selain itu, berbagai kebudayaan Indonesia pun turut dipertontonkan dalam parade ini, yaitu Reog Kendang Tulung-Agung, Tari Merak, dan Tari Maumere.

Usaha mempromosikan budaya Indonesia di Selandia Baru ini pun berakhir manis.

Tim Indonesia berhasil menyabet juara dalam 2 kategori dari 5 kategori yang dilombakan, yaitu juara dalam kategori 'Best Float' atau wahana terbaik dan 'People's Choice' atau kategori wahana yang paling disukai masyarakat.

Hastings Blossom parade tahun ini berlangsung meriah, mengingat acara tahun lalu harus dibatalkan karena pandemi Covid-19.

Kini situasi Covid-19 di Selandia Baru sudah cukup kondusif, sehingga festival dapat diadakan kembali.

Baca Juga: Usung Tema "Hallyu! The Korean Wave", Museum di London Gelar Pameran Demi Apresiasi Budaya Korsel

 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x