Kompas TV internasional krisis rusia ukraina

Negara Tetangga Rusia Ancam Warganya Jika Ikut Perang di Ukraina, Bakal Dihukum Penjara

Senin, 26 September 2022 | 16:19 WIB
negara-tetangga-rusia-ancam-warganya-jika-ikut-perang-di-ukraina-bakal-dihukum-penjara
Tentara Rusia di Kherson. (Sumber: AP Photo, File)

Penulis : Haryo Jati | Editor : Purwanto

MOSKOW, KOMPAS.TV - Tiga negara tetangga Rusia; Kazakhstan, Kirgizstan dan Uzbekistan, mengancam warga mereka dengan hukuman penjara jika ikut perang di Ukraina.

Ancaman itu muncul tak lama setelah Moskow mengumumkan membuka pusat rekrutmen militer untuk pasukan asing.

Kedutaan Besar Kirgizstan di Rusia memperingatkan warganya yang tinggal di Rusia akan menghadapi dakwaan kriminal dengan ancaman hukuman penjara selama 10 tahun jika berperang di Ukraina. 

Baca Juga: AS Berang Putin Kasih Sinyal Pakai Nuklir di Ukraina, Bakal Timbulkan Konsekuensi Bencana

“Partisipasi warga Kirgizstan dalam permusuhan di wilayah negara asing diancam dengan hukuman penjara hingga 10 tahun dengan penyitaan properti,” bunyi pernyataan kedutaan dikutip dari Newsweek.

Terpisah, Kedutaan Uzbekistan di Rusia juga memperingatkan warganya untuk ta menciptakan batalion sukarela untuk berpartisipasi di perang itu.

Uzbekistan juga mengancam mereka yang melakukannya dengan hukuman penjara selama 10 tahun.

Di Kazakhstan, warganya yang ikut berperang di Ukraina akan dihukum penjara lima hingga sembilan tahun.

Baca Juga: Rumor Xi Jinping Dikudeta dan Jadi Tahanan Rumah, Pakar China Angkat Bicara

Presiden Rusia Vladimir Putin pada Rabu (21/9/2022), mengumumkan pemberlakuan mobilisasi militer parsial dan memanggil 300.000 tentara cadangan Rusia untuk berperang di Ukraina.

Pada pidatonya, Putin mengatakan para tentara cadangan dan mantan personel militer dengan kemampuan militer serta pengalaman khusus, menjadi subyek dari tentara yang direkrut.

Selain itu, juga dibuka rekrutmen bagi warga asing yang ingin bergabung dengan tentara Rusia untuk berperang di Ukraina.



Sumber : Newsweek

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

REKOMENDASI UNTUK ANDA

Powered by



Video Pilihan

BERITA LAINNYA


Close Ads x