Kompas TV nasional rumah pemilu

Survei CSIS: Anies Ungguli Ganjar dan Prabowo secara Head to Head di Kalangan Pemilih Muda

Kompas.tv - 26 September 2022, 16:46 WIB
survei-csis-anies-ungguli-ganjar-dan-prabowo-secara-head-to-head-di-kalangan-pemilih-muda
Tingkat elektabilitas Anies Baswedan ungguli Ganjar Pranowo dan Prabowo Subianto di kalangan pemilih muda. (Sumber: Dok. Pemerintah Provinsi DKI Jakarta)
Penulis : Fiqih Rahmawati | Editor : Edy A. Putra

JAKARTA, KOMPAS.TV - Hasil survei Centre for Strategic and International Studies (CSIS) menunjukkan bahwa secara head to head, tingkat elektabilitas Anies Baswedan mengungguli Ganjar Pranowo di kalangan pemilih muda. Gubernur DKI Jakarta itu juga menang saat diadu dengan Prabowo Subianto.

Saat diadu dengan Ganjar, Anies mendapatkan tingkat elektabilitas yang lebih tinggi dengan selisih angka sebesar 3,9 persen.

“Ketika dilakukan head to head antara Pak Anies dan Pak Ganjar, kami menemukan angka Pak Anies 47,8 persen dan Pak Ganjar 43,9 persen,” kata Kepala Departemen Politik dan Perubahan Sosial CSIS Arya Fernandes dalam Rilis Survei Nasional "Pemilih Muda dan Pemilu 2024: Dinamika dan Preferensi Sosial Politik Pascapandemi" yang disiarkan kanal YouTube CSIS Indonesia, Senin (26/9/2022).

Baca Juga: 3 Besar Elektabilitas Capres 2024 Survei Charta Politika: Ganjar Teratas, Disusul Prabowo dan Anies

Selanjutnya, sebanyak 0,8 persen responden belum menentukan pilihan, sementara 7,6 persen tidak menjawab.

Anies kembali unggul saat diadu melawan Prabowo, dengan selisih angka sebesar 5,8 persen.

“Pak Anies mendapatkan angka yang lebih besar yakni 48,6. Pak Prabowonya 42,8,” jelas Arya.

Sementara 0,3 persen responden belum menentukan pilihan, dan 8,3 persen tidak menjawab.

Dalam survei tersebut, nama Ganjar dan Prabowo juga diuji secara head to head, di mana Ganjar lebih unggul 2,2 persen dari Prabowo.


Baca Juga: Jadi Kandidat Pengganti Anies, Kasetpres Heru Budi Hartono: Hari Esok Penuh Misteri

Ganjar mendapatkan tingkat elektabilitas sebesar 47,2 persen, sementara Prabowo 45 persen. Sebanyak 0,3 responden belum menentukan pilihan dan 7,5 persen tidak menjawab.

Arya menjelaskan bahwa dalam survei ini, Anies, Ganjar, dan Prabowo mendapatkan kesempatan yang sama untuk menguji tingkat elektabilitasnya secara head to head.

“Jadi, dari tiga nama itu (Anies, Ganjar, Prabowo) kami menguji tiga kemungkinan. Jadi tiga-tiga dapat kesempatan yang sama, dua kali pengujian,” jelas Arya.

Survei CSIS ini dilakukan lewat wawancara tatap muka pada 8-13 Agustus 2022 terhadap 1.200 responden yang telah berusia 17-39 tahun saat survei dilakukan.

Jumlah sampel sebesar 1.200 responden tersebar secara proporsional di 34 provinsi. Data yang valid untuk dianalisis sebesar 1.192.

Sampel diambil secara acak menggunakan metode multistage random sampling.

Menggunakan 1.192 sampel, margin of error survei ini sebesar +/- 2,84 persen, pada tingkat kepercayaan 95 persen.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x