Kompas TV regional berita daerah

Membuka Akses Kawasan Pangan Nusantara di Donggala

Senin, 26 September 2022 | 14:39 WIB

Penulis : KompasTV Palu

DONGGALA, KOMMPAS.TV - Sebagai salah satu wilayah penyangga calon Ibu Kota Negara (IKN) Pemerintah Provinsi Sulawesi Tengah, telah menyiapkan Kawasan Pangan Nusantara. Kawasan itu berada di Desa Talaga, Kecamatan Dampelas Kabupaten Donggala.

Lebih dari 100 hektar lahan akan disiapkan sebagai awal Kawasan Pangan Nusantara. Kawasan itu berada di Desa Talaga, Kecamatan Dampelas, Kabupaten Donggala.

Jalan menuju kawasan sudah mulai dibuka, sepanjang 10 km dari jalur Trans Sulawesi. Di dalam Kawasan Pangan Nusantara itu direncanakan akan ada area perkebunan dari berbagai macam tanaman pangan, serta ada area konservasi hutan.

Menurut Camat Dampelas Arwin, pembukaan kawasan pangan ini tidak mengganggu kawasan hutan lindung. Didalamnya ada area perkebunan warga dan lahan baru yang akan diperuntukan pada petani di Kecamatan Dampelas.

Pembukaan Kawasan Pangan Nusantara ini juga memberikan manfaat pada petani sekitar. Akses jalan ke kebun menjadi lebih mudah. salah satunya Lamana, petani asal Desa Talaga ini mengaku sudah 30 tahun lebih mengolah tanaman kelapa dan kesulitan akses ketika menjual.

Sejak dibuka pada agustus 2022 sebagian besar warga menunggu untuk dilibatkan mengolah lahan di kawasan itu. Rencananya, pembukaan kawasan itu akan rampung pada akhir tahun 2023 dengan mengundang Presiden Republik Indonesia untuk meresmikan kawasan itu.

#KawasanPanganNusantara #IKN #IbuKotaNegara 


Sumber : Kompas TV

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.


BERITA LAINNYA


Berita Daerah

Fashion Show Kebaya di Area Mangrove

Selasa, 29 November 2022 | 14:30 WIB
Close Ads x