Kompas TV nasional peristiwa

Terbang ke Jepang, Ma'ruf Amin Bakal Hadiri Pemakaman Shinzo Abe

Kompas.tv - 25 September 2022, 16:07 WIB
terbang-ke-jepang-ma-ruf-amin-bakal-hadiri-pemakaman-shinzo-abe
Wakil Presiden (Wapres) Ma'ruf Amin berangkat ke Jepang pada hari ini, Minggu (25/9/2022).  (Sumber: Biro Pers Sekretariat Wakil Presiden)
Penulis : Isnaya Helmi | Editor : Edy A. Putra

JAKARTA, KOMPAS.TV - Wakil Presiden (Wapres) Ma'ruf Amin berangkat ke Jepang pada hari ini, Minggu (25/9/2022). Ma'ruf akan menghadiri prosesi pemakaman kenegaraan mantan Perdana Menteri (PM) Jepang Shinzo Abe.

Dalam siaran pers disebutkan, Wapres yang didampingi Wury Ma’ruf Amin dan rombongan terbatas, lepas landas Minggu pagi dari Bandara Internasional Halim Perdanakusuma Jakarta menuju Bandara Internasional Haneda Tokyo, Jepang menggunakan Pesawat Kepresidenan BBJ2/A-001.

Turut melepas keberangkatan Ma'ruf di Bandara Halim Perdanakusuma ialah Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dan Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Provinsi DKI Jakarta.

Dijadwalkan, Wapres bakal tiba di Bandara Haneda pada pukul 18.00 waktu setempat.

Setibanya di Jepang, Wapres akan disambut oleh Duta Besar Republik Indonesia (Dubes RI) untuk Jepang dan Federasi Mikronesia Heri Akhmadi serta Atase Pertahanan RI di Tokyo Kol. (AF) Andi Nur Abadi.

Baca Juga: Wapres Maruf Beberkan Kriteria Ideal Pengganti Anies: Jangan Orang yang Tak Tahu Jakarta


Agenda kunjungan kerja Wapres akan dimulai pada besok, Senin (26/09), dimulai dengan melakukan Courtesy Call dengan PM Jepang Kishida Fumio di Istana Akasaka. Pada pertemuan ini, kedua pemimpin akan membahas sejumlah isu strategis kedua negara.

Pada Selasa (27/09), pukul 14.00 waktu setempat, Wapres didampingi sang istri akan menghadiri prosesi pemakaman kenegaraan Shinzo Abe di Nippon Budokan.

Usai menghadiri prosesi pemakaman, sekitar pukul 18.13 waktu setempat, Wapres beserta Ibu Wury dijadwalkan menghadiri kegiatan Greeting Occasion dengan PM Kishida Fumio di Istana Akasaka.

Pada hari keempat, Rabu (28/09) pagi waktu setempat, Ma'ruf dan rombongan akan bertolak kembali ke Jakarta.

Turut mendampingi Wapres pada kunjungan ini di antaranya Kepala Sekretariat Wapres Ahmad Erani Yustika, Deputi Bidang Dukungan Kebijakan Pemerintahan dan Wawasan Kebangsaan Velix Vernando Wanggai, Direktur Jenderal Protokol dan Konsuler/Kepala Protokol Negara Kementerian Luar Negeri Andy Rachmianto.

Kemudian, Staf Khusus Wapres Bidang Reformasi Birokrasi Mohamad Nasir, Staf Khusus Wapres Bidang Komunikasi dan Informasi Masduki Baidlowi, Staf Khusus Wapres Bidang Politik dan Hubungan Kelembagaan Robikin Emhas, serta Tim Ahli Wapres Johan Tedja Surya. 

Sebagaimana diketahui, mantan PM Jepang Shinzo Abe meninggal dunia pada Jumat, 8 Juli 2022 setelah ditembak oleh seorang pria ketika sedang berpidato dalam sebuah acara kampanye di Nara, Jepang.

Baca Juga: Ma'ruf Amin Buka-bukaan soal Alasannya Jadi Wapres: Saya Disuruh Belok sama Pak Jokowi



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.