Kompas TV regional peristiwa

Guru Besar UGM Terseret Ombak, Awalnya Foto Bersama di Tebing

Kompas.tv - 24 September 2022, 20:01 WIB
guru-besar-ugm-terseret-ombak-awalnya-foto-bersama-di-tebing
Petugas SAR Satlinmas Wilayah II Gunungkidul sedang melakukan pertolongan kepada korban di Pantai Pulang Sawal, Tepus, Sabtu (24/9/2022). (Sumber: Dok SAR Satlinmas Wilayah II Gunungkidul/Kompas.com)
Penulis : Johannes Mangihot | Editor : Hariyanto Kurniawan

YOGYAKARTA, KOMPAS.TV - Guru Besar Fakultas Kedokteran, Kesehatan Masyarakat, dan Keperawatan (FKKMK) Universitas Gadjah Mada, Prof Samekto Wibowo (78) dilaporkan tenggelam di Pantai Pulang Sawal, Kapanewon Tepus, Kabupaten Gunungkidul, DI Yogyakarta.

Sebelum tenggelam Wibowo sempat terseret gelombang air laut ke tengah pantai saat foto bersama di tebing di acara reuni.

Sekretaris SAR Satlinmas Wilayah II Gunungkidul, Surisdiyanto menjelaskan insiden ini bermula saat korban bersama rombongan datang ke Pantai Pulang Sawal yang dikenal dengan Indrayanti.

Baca Juga: Swafoto di Pantai Drini, 2 Wisatawan Tenggelam Terseret Ombak di Yogyakarta

Saat di kawasan pantai, mereka melakukan foto bersama di bawah tebing sebelah kanan pantai Pulang Sawal sekitar pukul 11.00 WIB.

Petugas SAR Satlinmas sudah mengimbau agar menepi, tetapi tidak dihiraukan. Kemudian gelombang besar datang menghantam rombongan yang foto bersama. Korban sempat terjatuh dan terseret ombak hingga ke tengah. 

Petugas SAR langsung memberikan pertolongan dan dibawa menepi. Korban ditemukan dalam kondisi tak sadarkan diri dengan mulut berbusa. Diduga banyak meminum air laut.

"Korban semakin lemah dan kemudian henti napas dalam perjalanan menuju Puskesmas Tepus. Jenazah langsung dibawa ke RSUD Wonosari," ujar Suris saat dikonfirmasi, Sabtu (24/5/2022). Dikutip dari Kompas.com.

Baca Juga: Serukan Pemilu Berkualitas dan Bermartabat, Puluhan Rektor Perguruan Tinggi Yogyakarta Kumpul di UGM

Koordinator SAR Satlinmas Wilayah II Gunungkidul Marjono menambahkan, pihaknya tidak henti meminta kepada wisatawan untuk mematuhi imbauan tim SAR saat berkunjung ke kawasan pantai.

"Kami mohon agar wisatawan mematuhi imbauan petugas. Apalagi kawasan pantai selatan ombaknya kadang tidak bisa diprediksi," ujar Marjono.

Dikutip dari Pusat Meteorologi Maritim BMKG, memberi peringatan perairan selatan Samudra Hindia Selatan, Jawa Barat, Jawa Tengah, dan Yogyakarta berpotensi adanya gelombang tinggi 4 sampai 6 meter.

Baca Juga: Niat Berswafoto di Batu Karang, 3 Siswa SMP Tewas Terseret Ombak Pantai Madasari!

Perairan dan Samudera Hindia Selatan Jawa Barat, Jawa Tengah dan DIY umumnya berawan, berawan tebal, berpotensi hujan ringan hingga sedang. 

Angin umumnya bertiup dari arah Timur hingga Tenggara dengan kecepatan berkisar antara 4-20 knot. Tinggi gelombang laut berkisar antara 1,0 hingga 5,0 meter.
 


 



Sumber : Kompas TV/Kompas.com

BERITA LAINNYA



Close Ads x