Kompas TV nasional viral

Viral! Netizen Unggah Foto Perbandingan Warna Pertalite Lama dan Baru, Begini Penjelasan Pertamina

Kompas.tv - 24 September 2022, 18:44 WIB
viral-netizen-unggah-foto-perbandingan-warna-pertalite-lama-dan-baru-begini-penjelasan-pertamina
Viral unggahan pengguna Facebok berisi narasi perbedaan warna Pertalite lama dan baru. (Sumber: Facebook)
Penulis : Fiqih Rahmawati | Editor : Hariyanto Kurniawan

JAKARTA, KOMPAS.TV - Sebuah unggahan pengguna Facebook berisi foto perbandingan Pertalite lama dan baru viral di media sosial.

Dalam postingan tersebut, pengguna Facebook mengunggah dua botol Pertalite dengan warna yang berbeda. Botol pertama berisi cairan dengan warna hijau pekat, sementara botol kedua berisi cairan dengan warna hijau kekuningan.

Perbandingan #Pertalite Yg Lama Dgn Yg Baru. Pastas #Boros Bangeettz,” tulis pengguna Facebook tersebut, Sabtu (24/9/2022).

Baca Juga: Kenapa Pertamax Disebut Lebih Irit Ketimbang Pertalite?

Hingga artikel ini diterbitkan, postingan tersebut telah mendapatkan 1,2 ribu reaksi, 861 komentar, dan 80 kali dibagikan.

Menanggapi hal tersebut, Corporate Secretary Pertamina Patra Niaga Irto Ginting mengatakan bahwa warna cairan bukanlah parameter pemakaian Pertalite, terkait dengan boros atau tidaknya penggunaan Pertalite.

“Warna bukanlah tolak ukur,” kata Irto saat dikonfirmasi Kompas.com, Sabtu.

Irto memastikan bahwa produk BBM yang disalurkan dan dipasarkan ke masyarakat sudah melalui quality control yang sesuai dengan prosedur dan spesifikasi yang ditetapkan.

“BBM yang disalurkan sudah melalui quality control dan sesuai dengan spesifikasi yang ditentukan Pemerintah," tegasnya.

Baca Juga: Netizen Ngeluh Pakai Pertalite Jadi Boros Setelah Harga Naik, Pertamina Sebut Kualitasnya Tetap

Apakah Pertalite lebih boros setelah harganya naik?

Pembahasan mengenai pemakaian Pertalite yang disebut lebih boros setelah adanya kenaikan harga BBM memang sedang panas. Sejumlah netizen di media sosial mengeluhkan bahwa tangki bahan bakar kendaraan mereka lebih cepat habis alias boros.

Netizen di berbagai media sosial menyatakan, sejak harganya naik mereka harus membeli lebih banyak Pertalite untuk menempuh jarak yang sama.

Hal itu juga sudah ditanggapi pihak Pertamina melalui Irto. Irto menegaskan bahwa kualitas Pertalite yang dipasarkan melalui lembaga penyalur resmi sudah sesuai dengan Keputusan Dirjen Migas Nomor 0486.K/10/DJM.S/2017 tentang Standar dan Mutu (Spesifikasi) Bahan Bakar Minyak Jenis Bensin 90 Yang Dipasarkan di Dalam Negeri.

“Batasan dalam spesifikasi Dirjen Migas yang menunjukkan tingkat penguapan pada suhu kamar di antaranya adalah parameter Reid Vapour Pressure (RVP),” kata Irto dalam keterangan tertulis, Kamis (22/9/2022).

Baca Juga: Uji Coba Pembatasan 120 Liter, Pertamina Pastikan Tak Ada Lagi Pembelian Pertalite Lebihi Batas

“Saat ini hasil uji RVP dari Pertalite yang disalurkan dari Terminal Bahan Bakar Minyak (TBBM) Pertamina masih dalam batasan yang diizinkan, yaitu dalam rentang 45-69 kPa (Kilopascal),” sambungnya.

Irto juga menegaskan bahwa pihaknya terus melakukan pengawasan kualitas BBM secara ketat.

Lebih lanjut, Irto mengimbau agar masyarakat membeli BBM di lembaga penyalur resmi, seperti SPBU dan Pertashop.



Sumber : Kompas.com

BERITA LAINNYA



Close Ads x