Kompas TV regional berita daerah

Mahfud MD: Dana Otsus di Kepemimpinan Lukas Enembe Rp 500 Triliun, Rakyat Tetap Miskin

Kompas.tv - 23 September 2022, 19:42 WIB
Penulis : KompasTV Malang

MALANG, KOMPAS. TV-Menkopolhukam Mahfud MD menyebut nilai korupsi Gubernur Papua Lukas Enembe begitu besar. Hal tersebut disampaikan Jumat (23/09/2022) siang, pasca Ia mengisi kuliah umum pada mahasiswa baru Pascasarjana di Universitas Islam Malang. 

Mahfud menegaskan penetapan tersangka korupsi pada Lukas Enembe murni kasus hukum. Ia menyampaikan temun terbaru, bahwa nilai korupsi Papua melalui dana otonomi khusus (otsus) sejak tahun 2001 senilai Rp 1000,7 Triliun. 

" Pemerintah itu selama Otsus jumlahnya 1.000 koma 7 triliun tidak jadi apa-apa. Marah kita ini negara nurunkan uang sejak tahun 2001. Ada UU Otsus. Sejak zaman Lukas Enembe 500 triliun lebih tidak jadi apa-apa. Pejabat foya-foya rakyat miskin" Katanya pada wartawan. 

Mahfud menambahkan meski sudah mendapat WTP 7 kali, namun potensi korupsi tetap terjadi melalui beberapa hal, diantaranya kickback, dan PDTT atau pemeriksaan dengan tujuan tertentu. 

"Ada infratruktur PUPR proyek pemerintah pusat. Saya sudah cek yg dr dana Otsus yang banyak dikorupsi tentu tidak semua ini. Bayangkan 1.000 triliun  transaksi besar jatah per kepala untuk pembagunan papua. Negara turunkan banyak sekali, karena itu kita ambil korupsinya ini.Jangan main-main sama penegakan hukum" Tandasnya. 

#lukasenembe #mahfudmd



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.