Kompas TV regional berita daerah

Rudenim Gelar Workshop Penyusunan Laporan Keuangan

Kompas.tv - 23 September 2022, 19:27 WIB
rudenim-gelar-workshop-penyusunan-laporan-keuangan
Rumah Detensi Imigrasi (Rudenim) Makassar gelar Workshop Penyusunan Laporan Keuangan (Sumber: KOMPAS.TV)
Penulis : KompasTV Makassar

MAKASSAR, KOMPAS.TV - Rumah Detensi Imigrasi (Rudenim) Makassar gelar Workshop Penyusunan Laporan Keuangan,  yang diadakan di  Hotel Continent Centerpoint Makassar, Kamis (22/09).

Kepala Divisi Keimigrasian (Kadivim) Jaya Saputra mengatakan kegiatan  ini merupakan upaya dalam mewujudkan tata kelola pemerintahan yang baik (good governance). “Salah satu penerapan prinsip good governance adalah pengelolaan keuangan negara/daerah yang dapat dipertanggungjawabkan dengan penyusunan laproan keuangan yang berkualitas sesuai dengan standar akuntansi pemerintah (SAP) yang berbasis akrual dalam hal ini Andal, Akurat Transparan dan Akuntabel," kata Jaya membacakan sambutan Kakanwil Liberti Sitinjak.

Jaya menambahkan dalam mengimplementasikan laporan keuangan yang berbasis tersebut, dibutuhkan kesiapan Teknologi Informasi (TI) sebagai sarana pendukung, juga kesiapan dari Sumber Daya Manusia (SDM) yang memahami proses akuntansi dan dapat menginterpretasikan laporan keuangan yang dihasilkan.

Untuk menjawab tantangan ini, Direktorat Jenderal Perbendaharaan Kementerian Keuangan (Kemenkeu) telah meluncurkan aplikasi SAKTI (Sistem Aplikasi Keuangan Tingkat Instansi) sejak 2019. 

Aplikasi ini bertujuan untuk mendukung implementasi SPAN (Sistem Perbendaharaan dan Anggaran Negara) guna melakukan pengelolaan keuangan yang meliputi tahapan perencanaan hingga pertanggungjawaban anggaran.

Jaya ungkapkan melalui aplikasi ini, aplikasi terkait pengeloaan keuangan negara yang selama ini banyak dan berdiri masing-masing dapat disatukan menjadi satu aplikasi berbasis data terintegrasi. “Tujuannya adalah agar pengeloaan keuangan negara menjadi lebih sederhana, dengan demikian, duplikasi pekerjaan dapat dikurangi. Pengulangan entry data pun lebih sedikit," ujar Jaya

Namun, kata Jaya, aplikasi yang telah diimplementasikan sejak awal tahun 2022 oleh jajaran satker menemui berbagai kendala. Kendala yang dihadapi yaitu tidak semua data dapat dimigrasikan ke SAKTI dalam proes migrasi saldo awal, kesulitan operator dalam mengubah kesalahan pencatatan verifikasi barang pada SAKTI, belum famliarnya operator kanwil setiap satker terhadap aplikasi SAKTI, dan ketidakstabilan jaringan internet.

Jaya berpesan kepada seluruh peserta yang hadir agar operator yang mengikuti workshop ini bersungguh-sungguh menyimak dan menyerap semua materi yang dipaparkan oleh narasumber sehingga kendala-kendala di lapangan dapat diminimalisir.

Sementara itu Kepala Rudenim Makassar Alimuddin dalam laporannya mengatakan kegiatan ini diadakan dalam rangka membangun pengetahuan penyusunan keuangan bagi seluruh jajaran operator Satker Keimigrasian di Sulsel.

Kegiatan ini menghadirkan 3 (tiga) narasumber yaitu Abdul Wahab selaku Pelaksanan Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL) Makassar sekaligus Penganggung Jawab Satuan Kerja Kemenkumham, Harmonius Arruanlinggi selaku Pembina Teknis Perbendaharaan Negara Mahir Kantor Pelayanan Perbendaharan Negara (KPPN) Makassar II, dan Suherman selaku Pelaksana KPPN Makassar II.

Hadir dalam kegiatan ini Kepala Divisi Administrasi Sirajuddin, Seluruh Kepala UPT (Unit Pelaksana Teknis) Keimigrasian se-Sulsel, Perwakilan UPT Keimigrasian se-Sulsel, dan seluruh peserta kegiatan workshop baik hadir langsung maupun daring.

 

#rudenim
#keimigrasian
#kanwilkumhamsulsel



Sumber : Kompas TV makassar

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.