Kompas TV nasional politik

Soal Dewan Kolonel, FX Rudy Sebut Tak Ada di AD/ART PDIP: Yang Ada DPP, DPD dan DPC

Kompas.tv - 23 September 2022, 18:53 WIB
soal-dewan-kolonel-fx-rudy-sebut-tak-ada-di-ad-art-pdip-yang-ada-dpp-dpd-dan-dpc
FX Hadi Rudyatmo saat berada di Balai Kota Solo, Selasa (2/2/2021). (Sumber: Kompas.com/LABIB ZAMANI)
Penulis : Isnaya Helmi | Editor : Edy A. Putra

JAKARTA, KOMPAS.TV - Ketua Dewan Pimpinan Cabang (DPC) PDIP Kota Solo FX Hadi Rudyatmo menyoroti kemunculan Dewan Kolonel dan Dewan Kopral.

Untuk diketahui, Dewan Kolonel dibentuk oleh sejumlah anggota Fraksi PDIP untuk Puan Maharani. Sementara Dewan Kopral dibentuk oleh relawan pendukung Ganjar Pranowo.

Terkait hal ini, Rudy sapaan akrabnya menegaskan, Dewan Kolonel yang mengaku loyalis Puan Maharani tidak dikenal dalam struktur partainya. Lantaran PDIP sudah memiliki mesin partai dari tingkat pusat hingga daerah.

"Kita itu sudah punya DPP, DPD, DPC, PAC ranting, anak ranting, badan dan sayap partai. Sudah sesuai dasar, ngapain nyari yang lain. Sudah jelas," kata Rudy di kediamannya di Pucangsawit, Jebres, Solo, Jawa Tengah, Jumat (23/9/2022), seperti dikutip dari Kompas.com

Rudy juga setuju dengan sikap Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto yang menepis adanya Dewan Kolonel yang tidak ada di dalam Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga (AD/ART) DP PDIP. 

"Dewan Kolonel itu tidak ada di AD/ART. Yang ada DPP, DPD dan DPC. Sikap Pak Sekjen tepat karena Ibu Mega pun juga bilang tidak ada itu (Dewan Kolonel) di AD/ART," tegasnya.


Baca Juga: PARA Syndicate: Dewan Kolonel Puan dan Dewan Kopral Ganjar Ujungnya akan Bergabung di PDIP

Di lain sisi, Rudy mengatakan munculnya Dewan Kolonel tidak bisa dianggap sebagai guyonan politik karena PDIP memiliki struktur organisasi yang sah sesuai AD/ART.

"Enggak bisa (dianggap guyonan/bercandaan), kelas elite kok guyonan," tegasnya.

Sementara terkait Dewan Kopral yang dibentuk relawan Ganjar Pronowo, Rudy menduga itu merupakan spontanitas setelah munculnya Dewan Kolonel.

Menurut laporan jurnalis Kompas TV, Widi Nugroho, Rudy menyebut pembentukan Dewan Kopral merupakan hal yang wajar menjelang tahun politik, di mana banyak manuver yang dilakukan relawan di luar partai politik.

"Hanya saja jangan sampai menimbulkan perpecahan antara anak bangsa," ujarnya. 

Sebagai informasi, baik Dewan Kopral maupun Dewan Kolonel sama-sama ditujukan untuk Pemilu 2024 mendatang. 

Baca Juga: Persaingan Internal PDIP Mengemuka, Adu Kuat Dewan Kolonel Puan Vs Dewan Kopral Ganjar



Sumber : Kompas TV/Kompas.com

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.