Kompas TV nasional peristiwa

Pesan Mahfud MD untuk KPK yang OTT Hakim Agung: Harus Profesional, Tidak Boleh Cari-cari Kesalahan

Kompas.tv - 23 September 2022, 13:18 WIB
pesan-mahfud-md-untuk-kpk-yang-ott-hakim-agung-harus-profesional-tidak-boleh-cari-cari-kesalahan
Foto arsip. Menko Polhukam Republik Indonesia Mahfud MD dalam rapat Komisi III DPR, Senin (22/8/2022). Mahfud MD menegaskan kepada KPK untuk bersikap professional dalam penanganan perkara dugaan suap atau pun korupsi aparat penegak hukum.(Sumber: Tangkapan layar KOMPAS TV)
Penulis : Ninuk Cucu Suwanti | Editor : Gading Persada

JAKARTA, KOMPAS.TV- Menteri Koordinator Politik Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD menegaskan kepada KPK untuk bersikap professional dalam penanganan perkara dugaan suap atau pun korupsi aparat penegak hukum.

KPK, tegas Mahfud MD yang merupakan bekas Ketua Mahkamah Konstitusi (MK), tidak boleh mencari-cari kesalahan aparat penegak hukum.

Demikian Mahfud MD merespons Operasi Tangkap Tangan (OTT) yang dilakukan KPK terhadap Hakim Agung MA Sudrajad Dimyati kepada tim Kompas TV yang berada di Malang, Jawa Timur, Jumat (23/9/2022).

“Tetap harus professional, tidak boleh mencari-cari, karena kalau orang mencari-cari kesalahan lalu orang ditindak secara hukum itu tidak bagus bagi pembangunan hukum dan pembangunan ekonomi juga gagal, selalu mencari salahnya,” ujar Mahfud MD.

“Tapi juga orang harus hati-hati jangan berbuat salah, jujur-jujur saja dan KPK-nya juga harus baik dan menurut saya KPK cukup punya ukuran-ukuran yang jelas untuk melakukan tindakan.”

Baca Juga: Jubir MA soal KPK Geledah Lembaganya: Kalau Ada dari KPK, Bisa Saja

Dalam pernyataannya, Mahfud MD juga menyambut baik kerja KPK yang melakukan OTT terhadap aparat penegak hukum di Mahkamah Agung.

Mahfud MD yang merupakan mantan Ketua Hakim Mahkamah Konstitusi tidak memungkiri di lingkaran aparat penegak hukum ramai masalah mafia hukum.

“Biar saja memang itu kerjaannya KPK, menurut saya KPK harus masuk ke APH, ke aparat penegak hukum juga,” ucap Mahfud MD.


 

“Karena di sana ramai masalah mafia hukum dan sebagainya. Tetapi tetap harus profesional tidak boleh mencari-cari.”

Untuk diketahui, pasca-penetapannya tersangka oleh KPK, pagi ini sekitar pukul 10.00 WIB, Hakim Agung Sudrajad Dimyati menyambangi Gedung KPK untuk menjalani pemeriksaan.

Baca Juga: MA soal Hakim Agung Sudrajad Dimyati Tersangka Suap: Kami Kooperatif dan Serahkan Proses ke KPK

Sebagaimana diberitakan, Sudrajad Dimyati ditetapkan sebagai tersangka dugaan suap terkait pengurusan perkara di Mahkamah Agung (MA) bersama 9 orang lainnya.

Berdasarkan keterangan Ketua KPK Firli Bahuri, dari 10 tersangka tersangka suap MA empat orang bertindak sebagai pemberi suap dan enam orang sebagai penerima.

Berikut ini daftar nama tersangka sebagai penerima suap dan jabatannya:



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x