Kompas TV bisnis ukm

Sudah Dapat Dana Bansos? Ini Ide Usaha untuk Putar Uang dari Dana BLT

Jumat, 23 September 2022 | 08:35 WIB
sudah-dapat-dana-bansos-ini-ide-usaha-untuk-putar-uang-dari-dana-blt
Ilustrasi - Ide bisnis dengan jualan aneka keripik (Sumber: Kompas.com/Masriadi)

Penulis : Fransisca Natalia | Editor : Iman Firdaus

SOLO, KOMPAS.TV – Inflasi memicu harga barang maupun makanan semakin naik sementara daya beli malah segitu-gitu saja. Pasalnya, penghasilan tak meningkat tapi biaya hidup makin mahal.

Seperti kondisi ekonomi sekarang. Pasca pandemi Covid-19 ditambah perang antara Rusia dan Ukraina, perekonomian global menjadi goyah. Di Indonesia sendiri, untuk menjaga daya beli masyarakat tetap stabil, pemerintah memberi berbagai bantuan.

Satu di antaranya adalah bantuan langsung tunai (BLT). Nilainya sebesar Rp600.000 yang diberikan secara bertahap dalam dua kali pencairan

Tapi, sayang nggak sih kalau uangnya hanya lewat atau habis begitu saja sedangkan ada pilihan untuk mengembangkannya. Nah, berikut ada sejumlah ide usaha yang bisa dicoba dengan modal dari uang BLT tersebut, dirangkum dari laman Gramedia.com

  • Bisnis Makanan Ringan

Peluang untuk membuka bisnis makanan ringan atau snack sangat terbuka lebar karena bisa dilakukan di rumah saja. Apalagi belakangan banyak orang yang akhirnya bisa bekerja dari rumah atau memiliih menghabiskan waktu di rumah sehingga asupan makanan ringan bisa makin tinggi.

Makanan ringan tersebut misalnya keripik, makaroni kering, basreng, lidi-lidian pedas, dan sebagainya. Jadi, bisnis makanan ringan ini dapat menjadi salah satu bisnis yang patut Anda coba.

Namun, perlu dipahami bahwa bisnis ini bersifat mengikuti trend. Sehingga solusinya Anda dapat mencari makanan ringan yang kemungkinan besar tetap dinikmati dari waktu ke waktu, misalnya saja keripik singkong atau keripik pisang.

Bisnis tersebut menjadi salah satu contoh usaha modal kecil yang belum banyak digeluti oleh orang-orang, jadi minim pesaing dan pastinya berlaku untuk setiap daerah.

  • Bisnis Minuman Kesehatan

Imunitas tubuh memang menjadi salah satu hal yang patut kita jaga. Oleh sebab itu, kebutuhan masyarakat terkait vitamin dan juga nutrisi semakin meningkat setiap harinya. Hal ini bisa Anda manfaatkan sebagai peluang bisnis untuk menyediakan minuman kesehatan seperti jamu ataupun empon-empon.



Sumber : Kompas TV

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

REKOMENDASI UNTUK ANDA

Powered by



Video Pilihan

BERITA LAINNYA


Close Ads x