Kompas TV nasional hukum

Si 'Wanita Emas' Hasnaeni: dari Pilkada DKI, Ingin Gantikan AHY, Kini Jadi Tersangka Korupsi

Jumat, 23 September 2022 | 07:12 WIB
si-wanita-emas-hasnaeni-dari-pilkada-dki-ingin-gantikan-ahy-kini-jadi-tersangka-korupsi
Direktur Utama PT Misi Mulia Metrical Mischa Hasnaeni Moen yang dikenal Wanita Emas ditetapkan sebagai tersangka oleh Kejagung, Selasa (22/9/2022). (Sumber: Dok. KOMPAS TV)

Penulis : Dedik Priyanto | Editor : Desy Afrianti

JAKARTA, KOMPAS.TV - Mischa Hasnaeni Moein atau dikenal juga sebagai Wanita Emas, ditetapkan sebagai tersangka kasus dugaan korupsi penyimpangan dan penyelewengan dana salah satu anak perusahaan PT Waskita Karya (Persero) Tbk.

Hasneni ditetapkan sebagai tersangka oleh Kejaksaan Agung (Kejagung) pada Kamis (22/9/2022). Dalam proses jemput paksa, ia pun teriak-teriak tidak terima diperlakukan sebagai koruptor. Lantas, siapa dia? 

Sosok ini tidak asing, khususnya bagi warga Jabodetabek, lantaran sosok ini dengan label sticker 'wanita emas' sering terlihat di sejumlah bus dan angkutan umum di DKI jakarta. 

Misalnya, pada momen jelang Pilkada DKI Jakarta 2017 silam, ketika ia hendak mencalonkan diri sebagai Gubernur, nama sticker dan gambar dirinya cukup mudah terlihat di pelbagai tempat di DKI.  

Hasnaeni sendiri merupakan kader Partai Demokrat yang waktu itu bertekad maju sebagai calon gubernur DKI  

Lantas, dari mana julukan itu?

Julukan Wanita Emas sendiri datang dari jargon yang kerap dibawa Hasnaeni, yakni "era masyarakat sejahtera".


 

"Emas itu sebenarnya adalah kepanjangan dari 'Era Masyarakat Sejahtera'," kata Hasnaeni dalam sebuah diskusi di kawasan Tebet, Jakarta Selatan, seperti diberitakan Kompas.com, 6 Februari 2016.

Ia dijuluki wanita emas karena mendirikan Partai Era Masyarakat Sejahtera atau disingkat Partai Emas.

Menurut Hasnaeni, emas merupakan simbol kesejahteraan.

Dengan menyandang nama panggilan "wanita emas", dia berharap bisa menjadi wanita yang membawa kesejahteraan untuk masyarakat luas.

Ia pun gagal melaju di Pilkada DKI 2017 itu. Tapi, tidak hanya itu. 

Baca Juga: Jadi Tersangka Korupsi, Teriakan Histeris Hasnaeni Moein Pecah saat Ditahan Kejagung

Pada 2010 atau enam tahun sebelumnya, ia juga sempat mau maju ke Pilkada Tangerang Selatan bersama artis Saiful Jamil dan gagal.


Sumber : Kompas TV/Antara/kompas.com

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

REKOMENDASI UNTUK ANDA

Powered by



Video Pilihan

BERITA LAINNYA


Close Ads x