Kompas TV olahraga sepak bola

Menpora Berharap Indonesia Bisa Lolos dari Penyisihan Grup Piala Dunia U20 2023

Jumat, 23 September 2022 | 05:15 WIB
menpora-berharap-indonesia-bisa-lolos-dari-penyisihan-grup-piala-dunia-u20-2023
Menpora Zainudin Amali berharap Indonesia bisa lolos dari penyisihan grup Piala Asia U20 2023. (Sumber: PSSI)

Penulis : Rizky L Pratama | Editor : Hariyanto Kurniawan

JAKARTA, KOMPAS.TV - Menteri Pemuda dan Olahraga Zainudin Amali menargetkan Indonesia bisa lolos dari penyisihan grup Piala Dunia U20 2023. 

Indonesia akan menjadi tuan rumah Piala Dunia U20 yang akan dihelat pada 20 Mei-11 Juni 2023.

Persiapan untuk menggelar turnamen internasional itu juga terus dikebut agar bisa menyukseskan penyelenggaraan mengingat FIFA sempat menilai ada sejumlah kekurangan di venue

Terkait hal tersebut, Zainudin menyampaikan bahwa kementerian/lembaga serta pemerintah provinsi dan kabupaten/kota yang menjadi lokasi penyelenggaraan Piala Dunia U20 terus berkoordinasi untuk menyukseskan ajang tersebut.

“Kami saat ini terus mempersiapkan kepanitiaan, koordinasi dengan pemerintah provinsi, kabupaten kota," kata Zainudin dikutip dari Antara, Kamis (22/9/2022).

"Kami ingin tidak hanya menjadi tuan rumah sepak bola saja, tapi juga menampilkan inilah Indonesia. Dan kami ingin menunjukkan kepada negara peserta bahwa Indonesia mampu menjadi tuan rumah yang baik," ucapnya. 

Tak hanya sebagai tuan rumah, Menpora berharap Indonesia juga meraih kesuksesan dari sisi prestasi. 

Namun Menpora Amali tidak mau membebani dengan target yang terlalu tinggi karena akan banyak tim kuat yang berasal dari Eropa dan Amerika Selatan. 

Baca Juga: FIFA Janjikan Piala Dunia U20 2023 Jadi Turnamen Fantastis

Dia hanya berharap Timnas U20 asuhan Shin Tae-yong bisa berjuang maksimal dan setidaknya lolos dari penyisihan grup Piala Dunia U20 2023.

“Kita harus sadar diri terkait target bisa juara karena kita akan menghadapi tim-tim dari Eropa, Amerika Latin dan Asia yang sudah matang dan maju," ujar Menpora. 

"Saya sudah meminta kepada pemain untuk terus berjuang maksimal dan terbaik. Kalau bisa lolos dari babak penyisihan," harapnya. 

Piala Dunia U20 2023 mendatang akan diikuti 24 tim dan saat ini sudah ada 12 tim yang memastikan mendapat tiket. 

Ke-12 tim tersebut yaitu Indonesia sebagai tuan rumah, Republik Dominika (CONCACAF), Guatemala (CONCACAF), Honduras (CONCACAF), Amerika Serikat (CONCACAF), Inggris (UEFA), Italia (UEFA), Prancis (UEFA), Israel (UEFA), Slovakia (UEFA), Fiji (OFC) dan Selandia Baru (OFC). 

Indonesia sendiri sudah menyiapkan enam stadion yang akan digunakan untuk menjadi venue pertandingan yakni Stadion Utama Gelora Bung Karno (Jakarta), Stadion Jakabaring (Palembang), Stadion Si Jalak Harupat (Bandung), Stadion Manahan (Solo), Stadion Gelora Bung Tomo (Surabaya) dan Stadion Kapten I Wayan Dipta (Gianyar, Bali).

Menpora pun memastikan enam stadion tersebut beserta lapangan pendukung sudah siap digunakan usai renovasi minor yang dilakukan oleh Kementerian PUPR.

Pada bulan Oktober 2023 mendatang, FIFA akan kembali melakukan inspeksi di Indonesia jelang Piala Dunia U20 tahun depan. 

Baca Juga: FIFA Janjikan Piala Dunia U20 2023 Jadi Turnamen Fantastis

 


Sumber : Antara

REKOMENDASI UNTUK ANDA

Powered by



Video Pilihan

BERITA LAINNYA


Close Ads x