Kompas TV olahraga sepak bola

Profil Timnas Curacao, Calon Lawan Berat Timnas Indonesia di FIFA Matchday

Kompas.tv - 22 September 2022, 22:39 WIB
profil-timnas-curacao-calon-lawan-berat-timnas-indonesia-di-fifa-matchday
Skuad Timnas Curacao saat tiba di Indonesia, Rabu (21/9/2022). (Sumber: Instagram @curacao_united)
Penulis : Gilang Romadhan | Editor : Hariyanto Kurniawan

JAKARTA, KOMPAS.TV - Timnas Indonesia akan melakoni dua laga FIFA Matchday kontra Timnas Curacao. 

Menurut jadwal duel perdana Indonesia vs Curacao akan berlangsung di Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA) Bandung, Sabtu (24/9/2022). 

Sementara untuk laga kedua yang semula digelar di Jakarta International Stadium (JIS), kini dipindahkan ke Stadion Pakansari, Bogor pada Selasa, 27 September 2022. 

Ini akan menjadi kesempatan ketujuh bagi Timnas Indonesia menghadapi tim dari konfederasi CONCACAF atau yang pertama melawan Curacao. 

Sebagai tolak ukur kekuatan, Timnas Curacao berada di ranking 84 FIFA per 25 Agustus 2022. Lebih baik 71 tingkat di atas posisi Indonesia yang bertempat di urutan ke-155. 

Baca Juga: Kenapa Timnas Curacao Dihuni Banyak Pemain Kelahiran Belanda?

Singkatnya, Timnas Curacao akan menjadi lawan yang berat bagi Indonesia arahan Shin Tae-yong

Profil Timnas Curacao

Negara Curacao memiliki satu kesamaan dengan Indonesia. Keduanya sama-sama mempunyai hubungan sejarah yang erat dengan Belanda. 

Curacao merupakan negara berluas 444km persegi yang terletak di Kepulauan Karibia. Mereka hanya berpopulasi sekitar 150,000 penduduk. 

Selama di bawah naungan Belanda, Timnas Curacao dulu memakai nama Antillen Belanda. Tetapi, pada 2010 Antillen Belanda yang terdiri dari Curacao, Sint Maarten, dan Aruba dibubarkan. 

Federasi Sepak Bola Curacao yang bernama Curacao Voetbal Bond (CVB) didirikan pada tahun 1921. Mereka baru bergabung FIFA 11 tahun berselang. 

Baru pada tahun 1977, mereka mengubah nama federasi CVB yang memakai bahasa Belanda, kini berbahasa Papiamentu, menjadi Federashon Futbol Korsou (FFK). 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x