Kompas TV internasional kompas dunia

Iran Disapu Protes dan Murka Kaum Perempuan terhadap Polisi Moral, Inilah Satuan Tersebut

Kompas.tv - 22 September 2022, 19:49 WIB
iran-disapu-protes-dan-murka-kaum-perempuan-terhadap-polisi-moral-inilah-satuan-tersebut
Kematian Mahsa Amini, tetapi berita itu tetap membangkitkan murka ribuan perempuan Iran yang selama beberapa dekade menghadapi murka satuan penegak moralitas Republik Islam secara langsung (Sumber: Satyar Emami/Wikipedia)
Penulis : Edwin Shri Bimo | Editor : Vyara Lestari

ABU DHABI, KOMPAS.TV - Seorang perempuan muda Iran ditarik dari jalanan di Teheran oleh polisi moralitas yang terkenal di negara itu dan dibawa ke "pusat pendidikan ulang" untuk pelajaran kesopanan pekan lalu.

Tiga hari kemudian, perempuan bernama Mahsa Amini yang baru berusia 22 tahun itu meninggal dunia.

Pemerintah dengan tegas menolak tanggung jawab atas kematian Mahsa Amini, tetapi berita itu tetap membangkitkan murka ribuan perempuan Iran yang selama beberapa dekade menghadapi murka satuan penegak moralitas Republik Islam secara langsung.

Kisah Mahsa Amini kembali menyeret aparat disiplin keagamaan Iran menjadi pusat perhatian, menimbulkan pertanyaan tentang akuntabilitas dan impunitas yang dinikmati oleh elit ulama negara itu.

Siapa polisi moralitas Iran? Simak informasinya berikut ini yang dilansir CNN, Rabu (21/9/2022).

Polisi moralitas adalah kekuatan penegak hukum dengan akses ke kekuasaan, senjata dan pusat penahanan, katanya. Mereka juga memiliki kendali atas “pusat pendidikan ulang” yang baru-baru ini diperkenalkan.

Baca Juga: Nyanyi Kematian untuk Diktator: Bisakah Gelombang Protes Mahsa Amini Tumbangkan Rezim Teokrasi Iran?

Kematian Mahsa Amini, tetapi berita itu tetap membangkitkan murka ribuan perempuan Iran yang selama beberapa dekade menghadapi murka satuan penegak moralitas Republik Islam secara langsung. Siapakah satuan tersebut, simak informasinya (Sumber: Morocco World News)

Pusat-pusat itu bertindak seperti fasilitas penahanan, di mana perempuan, dan terkadang laki-laki, ditahan karena gagal mematuhi aturan negara tentang kesopanan berdasarkan agama.

Di dalam fasilitas, para tahanan diberikan kelas tentang Islam dan pentingnya jilbab (atau hijab), dan kemudian dipaksa untuk menandatangani janji untuk mematuhi peraturan pakaian negara sebelum mereka dibebaskan.

Yang pertama dari pendirian ini dibuka pada tahun 2019, kata Hadi Ghaemi, direktur eksekutif Pusat Hak Asasi Manusia yang berbasis di New York di Iran, menambahkan bahwa “sejak pendiriannya, yang tidak memiliki dasar dalam hukum apa pun, petugas dari pusat-pusat ini secara sewenang-wenang menahan perempuan yang tak terhitung jumlahnya dengan dalih tidak mematuhi aturan wajib jilbab dari negara.”

“Perempuan-perempuan itu kemudian diperlakukan seperti penjahat, dihukum karena pelanggaran mereka, difoto dan dipaksa untuk mengikuti kelas tentang cara memakai jilbab yang benar dan moralitas Islam,” tambahnya.

Iran mendikte perempuan bagaimana mereka harus berpakaian jauh sebelum berdirinya Republik Islam saat ini.

Pada tahun 1936, penguasa pro-Barat Reza Shah melarang pemakaian cadar dan jilbab dalam upaya memodernisasi negara.

Baca Juga: Pemerintah Iran Klaim Kerusuhan Terkait Kematian Mahsa Amini Dikompori Asing, 3 WNA Ditangkap

Motor polisi dibakar massa dalam aksi demonstrasi memprotes kematian Mahsa Amini di Teheran, Iran, Senin (19/9/2022). (Sumber: Associated Press)

Banyak perempuan yang melawan. Kemudian, rezim Islam yang menggulingkan dinasti Pahlavi Syah mewajibkan berhijrah pada tahun 1979, tetapi aturan itu baru ditulis menjadi undang-undang pada tahun 1983.

Sebuah gugus tugas dengan semua kekuatan lembaga penegak hukum, polisi moralitas ditugaskan untuk memastikan bahwa aturan dipatuhi.

Sejumlah gerakan anti-hijab muncul setiap beberapa tahun di Iran, sering kali menyebabkan gelombang penangkapan dan penganiayaan.



Sumber : Kompas TV/CNN

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.