Kompas TV nasional politik

Sandiaga Uno dan Ridwan Kamil Jadi Cawapres Terkuat Versi Survei Charta Politika

Kompas.tv - 22 September 2022, 18:29 WIB
sandiaga-uno-dan-ridwan-kamil-jadi-cawapres-terkuat-versi-survei-charta-politika
Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno menjadi calon wakil presiden terkuat versi hasil survei Charta Politika Indonesia. (Sumber: Kompas.tv/Ant)
Penulis : Isnaya Helmi | Editor : Gading Persada

JAKARTA, KOMPAS.TV - Lembaga survei Charta Politika Indonesia merilis survei elektabilitas untuk calon wakil presiden (cawapres) 2024.

Hasilnya, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno dan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil memiliki tingkat keterpilihan atau elektabilitas yang tinggi sebagai Cawapres.

"Dalam elektabilitas wakil presiden, disini terjadi pertarungan ketat, dan memang jika disimpulkan dua nama (Sandiaga Uno dan Ridwan Kamil) jauh (di atas) dibandingkan nama yang lain," kata Direktur Eksekutif Charta Politika Indonesia Yunarto Wijaya dalam rilisnya secara daring, Kamis (22/9/2022) yang juga dipantau KOMPAS.TV.

Dalam simulasi elektabilitas wakil presiden, Sandiaga Uno memperoleh persentase elektabilitas tertinggi sebesar 22,3 persen.

Sementara Ridwan Kamil yang berada di posisi kedua memperoleh persentase elektabilitas sebesar 20,8 persen dari responden.


"Kembang desanya ini sekarang Sandiaga Uno dan Ridwan Kamil, yang notabene kalau kita lihat dari sisi ini secaara kuantitatif akan menguntungkan bagi siapapun yang dipasangkan dengan kedua nama ini ketika mereka (di Pilpres 2024)," ujarnya.

Lebih lanjut, Yunarto menuturkan, diperingkat ketiga ditempati Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) dengan presentase elektabilitas sebesar 7,2 persen, kemudian Menteri BUMN sebesar 6,1 persen.

Baca Juga: Survei Charta Politika Sebut Kepercayaan Publik ke Polri Anjlok ke 55 Persen: Dapat Rapor Merah

Peringkat kelima Basuki Tjahja Purnama (Ahok) 4,3 persen,  lalu Gubernur Jawa Timur Khofifah I Parawansa 4,1 persen, Panglima TNI Andika Perkasa diperingkat tujuh sebesar 3,7 persen.

Diperingkat ketujuh ditempati Ketua DPR RI Puan Maharani dengan presentase 3,2 persen, lalu Menko Polhukam Mahfur MD 2,1 persen dan di peringkat sepuluh ada Ketua Umum Partai PKB Muhaimin Iskandar 2,0 persen. 

Sementara untuk elektabilitas calon presiden (Capres) 2024, nama Gubernur Jawa tengah Ganjar Pranowo masih unggul. Disusul nama Menteri Pertahanan Prabowo Subianto dan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan.

Sebagai informasi, survei ini dilakukan secara tatap muka pada 6-13 September 2022.

Para responden merupakan Warga Negara Indonesia (WNI) yang sudah memiliki hak pilih dalam Pemilu, yakni WNI berusia minimal 17 tahun.

Responden dipilih melalui metode Multistage Random Sampling dengan jumlah sebanyak 1.220 responden.

Adapun, margin of error survei ini sebesar 2,82 persen dengan tingkat kepercayaan sebesar 95 persen.

Baca Juga: 3 Besar Elektabilitas Capres 2024 Survei Charta Politika: Ganjar Teratas, Disusul Prabowo dan Anies



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.