Kompas TV nasional peristiwa

Usai ke Istana, Gus Yahya Sebut Jokowi Bakal Hadir di Forum Pemimpin Agama Dunia R20

Kompas.tv - 22 September 2022, 23:05 WIB
usai-ke-istana-gus-yahya-sebut-jokowi-bakal-hadir-di-forum-pemimpin-agama-dunia-r20
Momen Gus Yahya keluar dari istana dan bicara tentang R20, sebut Presiden Jokowi bakal hadir (Sumber: Kompas.tv/Ant/Gilang Galiartha)
Penulis : Dedik Priyanto | Editor : Gading Persada

JAKARTA, KOMPAS.TV - Usai ke istana Negara dan bertemu dengan Presiden Joko Widodo atau Jokowi, Ketua Umum PBNU KH. Yahya Cholil Staquf atau Gus Yahya menyebutkan, Presiden Jokowi akan hadir dan membuka forum pertemuan pemimpin agama dunia yang bertajuk Religion 20 atau R20.  

R20 sendiri dijadwalkan berlangsung di Nusa Dua, Bali, 2-3 November 2022. 

Gus Yahya menjelaskan, forum itu akan menghadirkan para pemimpin-pemimpin agama dunia tersebut menjadi bagian dari rangkaian kegiatan menuju peringatan Satu Abad NU yang sengaja digelar beriringan dengan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20.


"Insya Allah akan kita selenggarakan pada 2 dan 3 November yang akan datang, dua minggu sebelum forum G20 itu sendiri," katanya kepada awak media seusai pertemuan, Kamis (22/9/2022). 

"Kami tadi memohon kesediaan Presiden untuk hadir memberikan arahan dan membuka secara resmi forum R20 tersebut. Dan Bapak Presiden menyatakan berkenan untuk hadir. Semoga menjadi inspirasi global," sambungnya. 

Baca Juga: PBNU Maklum Harga BBM Naik, Gus Yahya: Kami Tidak Mau Menambah Beban Pemerintah

Sejumlah Pemimpin Agama Dunia Dipastikan Hadir

Gus Yahya lantas menuturkan, sejumlah pemimpin agama telah menyatakan kesediaan untuk hadir dalam R20 nanti.

Ia menyebutkan beberapa nama, di antaranya  Sekretaris Jenderal Liga Muslim Dunia Syekh Mohammad bin Abdulkarim Al-Issa juga Presiden Dewan Kepausan untuk Dialog Antaragama Kardinal Miguel Angel Ayuso dari Vatikan.

Rencananya akan hadir pula Sekretaris Jenderal World Evangelical Alliance Pendeta Thomas Schirrmacher dari Jerman.

Pendiri India Foundation yang juga pemimpin Hindu Ram Madhav, serta Dr Hamdan Mussalam Al-Mazrouei dari Abu Dhabi.

Tidak hanya mengundang pemimpin agama, forum R20 juga bakal menghadirkan pemimpin negara seperti Raja Kamboja Norodom Sihamoni yang juga berkapasitas sebagai salah seorang pemimpin agama Buddha.

Baca Juga: Presiden Jokowi Terima PBNU, Bahas 1 Abad Lahirnya NU dan R20

Menurut Gus Yahya, masih ada banyak pembicara-pembicara lain yang masih dijajaki untuk hadir dalam forum R20. 

"Mudah-mudahan ini menjadi inspirasi bagi kehidupan antaragama secara global, karena topik utama dari forum R20 ini adalah bagaimana upaya para pemimpin agama agar agama berhenti menjadi bagian dari masalah dan mulai menjadi bagian solusi," katanya.

"Bagaimana agama bisa menyediakan inspirasi untuk mencari jalan keluar dari berbagai masalah global. Ini yang akan jadi topik utama forum R20," demikian Yahya Cholil Staquf .



Sumber : Kompas TV/Antara

BERITA LAINNYA



Close Ads x