Kompas TV entertainment selebriti

Ramai Dikabarkan akan Nikahi Larissa Chou, Ini Profil Rio Haryanto Pembalap Indonesia Pertama di F1

Kompas.tv - 22 September 2022, 18:38 WIB
ramai-dikabarkan-akan-nikahi-larissa-chou-ini-profil-rio-haryanto-pembalap-indonesia-pertama-di-f1
Rio Haryanto, pembalap Indonesia pertama yang mentas di ajang F1. (Sumber: Kompas.com)
Penulis : Dian Septina | Editor : Vyara Lestari

JAKARTA, KOMPAS.TV - Rio Haryanto dikabarkan akan menikahi Larissa Chou. Kabar ini pun jadi ramai diperbincangkan di sosial media. Tak sedikit pula yang tertarik untuk mengulas profil dan nasibnya sekarang setelah gagal di F1 pada 2016 lalu.

Rio Haryanto adalah pembalap asal Indonesia yang pertama kali mentas di ajang Formula 1 (F1). Dilansir dari TribunSport, Rio lahir di Solo, Jawa Tengah, 22 Januari 1993. Rio Haryanto adalah anak dari pasangan Sinyo Haryanto dan Indah Pennywati.

Rio Haryanto merupakan anak bungsu dari empat bersaudara. Ketiga kakaknya bernama Roy Haryanto, Ricky Haryanto, dan Ryan Haryanto.

Bakat balap Rio Haryanto telah tercium sejak kecil. Gokart menjadi kendaraan pertama yang dikendarai oleh Rio Haryanto.

Bakat balap Rio Haryanto pun makin berkembang setelahnya. Pada 1999, Rio Haryanto menjuarai gokart kelas kadet.

Baca Juga: Dikabarkan Segera Menikah, Larissa Chou: Masih Enjoy Sendiri

Pada 2005 dan 2006, Ikatan Motor Indonesia (IMI) bahkan menganugerahinya dengan penghargaan Atlet Gokart Terbaik Junior.

Setelah menggeluti gokart selama lebih dari tujuh tahun, ia akhirnya pindah ke Formula Asia Renault dan Formula Asia 2.0.

Pada 2009, ia berkompetisi di Formula BMW Pasific. Rio pun memenangkan enam seri, naik podium empat belas kali, dan menjuarai Formula BMW Pacific pada 2009.

Setelah Asia, Rio Haryanto berkompetisi di Eropa. Rio Haryanto berkarier di GP3 Europe Series (2010-2011) dan GP2 Europe Series (2012-2015) dengan berbagai tim.

Baca Juga: Rio Haryanto: Ini untuk Promosikan Clean Energy dan Tentunya Indonesia

Pada 2016, Rio Haryanto menjadi buah bibir di Tanah Air karena diumumkan sebagai pembalap Manor Racing di F1.

Capaian terbaik Rio Haryanto di F1 adalah finis ke-15 di F1 GP Monako 2016. Namun, perjalanan karir Rio di F1 tidak semulus yang dibayangkan. Rio menjadi pembalap kedua yang tereliminasi dari kualifikasi GP Bahrain.

Usai tidak balap lagi di F1 pada 2017, Rio Haryanto pun meneruskan bisnis keluarganya di bidang percetakan. Selain itu, Rio juga diketahui memiliki usaha restoran di daerah Colomadu, Karanganyar.


 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x