Kompas TV regional berita daerah

Dorong UMKM Semarang Naik Kelas, Ganjar Buka Bootcamp 150 Pelaku UMKM

Kompas.tv - 22 September 2022, 13:39 WIB
Penulis : KompasTV Jateng

SEMARANG, KOMPAS.TV - Sekitar 150 orang yang terdiri dari 100 pelaku UMKM dari desa di seluruh Jawa Tengah dan 50 pemuda penggerak ekonomi, terpilih mengikuti Bootcamp gerakan Akselerasi Karya Rakyat (Akar) Digital Indonesia yang digelar di Desa Wisata Kandri Kota Semarang.

Gerakan Akar Digital Indonesia yang digagas Lazada merupakan program edukasi dan pendampingan dengan metode getok tular yang akan membantu onboarding pelaku UMKM desa masuk ke marketplace.

Program Bootcamp ini bertujuan untuk memberikan pembekalan kepada para peserta gerakan Akar Digital Indonesia, agar usaha para pelaku UMKM dapat berkembang di marketplace, mulai dari kesiapan berbisnis, branding, foto produk, manajemen hubungan pelanggan hingga tips dan trik berjualan melalui Lazada.

Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo yang membuka acara ini mengatakan, pelatihan ini menjadi cara untuk mengedukasi sehingga UMKM di Jawa Tengah dapat naik kelas.

"Dari cara kita mengedukasi mereka, sehingga kalaulah UMKM kita mau berkembang ya dia harus naik kelas. Tadi sudah disampaikan bagaimana cara berjualan online, kredibilitas diuji. Pemesan harus bisa mendapatkan pesanan sesuai yang diharapkan dalam waktu yang oke," ujar Ganjar Pranowo, Gubernur Jawa Tengah.

"Maka terimakasih, tadi mereka diajarkan memotret produknya, diajarkan bagaiman onboard, bagaimana packaging, bagaimana meminutes, menurut saya mereka perlu tahu itu yang paling penting," tambahnya.

Sementara itu, Supriyanti, pelaku UMKM asal Banjarnegara mengaku senang dan merasa terbantu dengan adanya pelatihan ini. Ia akan menerapkan ilmu yang didapat untuk mengembangkan usahanya.

"Untuk mengembangkan pemasaran kami. Sebenarnya kami sudah ikut Lazada, cuma closingnya belum banyak. Kami ingin memperdalam untuk penjualan di Lazada ini," ujar Supriyanti. 

Gerakan Akar Digital Indonesia untuk Jawa Tengah ini diharapkan dapat memberikan manfaat secara berkelanjutan bagi UMKM di desa.

#umkm #ganjarpranowo #lazada



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x