Kompas TV regional berita daerah

Puluhan Balon Udara Nan Cantik Hiasi Langit Wonosobo

Kompas.tv - 22 September 2022, 10:55 WIB
Penulis : KompasTV Jateng

WONOSOBO, KOMPAS.TV - Sebanyak 20 balon udara dengan ukuran besar terbang menghiasi langit di kawasan Terminal Mendolo, Kabupaten Wonosobo, Jawa Tengah. Sebelum menerbangkan balon, para peserta terlebih dahulu mempersiapkan balon dengan mengisi asap. Pengasapan dilakukan dengan menggunakan asap dari pembakaran tempurung. Setelah cukup, balon dilepas untuk diterbangkan.

Dalam menerbangkan balon udara tersebut, terdapat syarat agar balon udara tidak terbang liar. Balon ditambat dengan menggunakan tali setinggi 70 meter dan bisa dikendalikan. Menurut Noval, salah satu peserta, dalam membuat sebuah balon udara diperlukan waktu sekitar dua bulan dengan menghabiskan biaya sekitar Rp 500 ribu.

"Sering ikut festival seperti ini, kalo ada pasti ikut," ujar Noval.

"Balon udara adalah bagian dari sebuah rangkaian kegiatan untuk memeriahkan Hari Perhubungan Nasional yang ke 52. Ada 20 peserta," kata Agus Susanto, Kepala Dinas Perumahan Pemukiman dan Perhubungan Wonosobo.

Festival balon udara ini menyita perhatian masyarakat sekitar. Warga berbondong-bondong untuk menyaksikan penerbangan balon udara.

#wonosobo #balonudara #jawatengah

 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x