Kompas TV regional berita daerah

Kontes Pesona Bonsai Samin di Blora, Hadirkan Bonsai Bernilai Fantastis

Kompas.tv - 22 September 2022, 10:16 WIB
Penulis : KompasTV Jateng

BLORA, KOMPAS.TV - Sebanyak 450 peserta mengikuti kontes Pesona Bonsai Samin yang digelar di Kabupaten Blora, Jawa Tengah. Ratusan bonsai ini merupakan koleksi sejumlah pecinta bonsai dari berbagai daerah di Jawa Tengah dan Jawa Timur. Dikenal sebagai tanaman mahal, harga jual bonsai-bonsai ini juga tergolong fantastis, yakni di kisaran lebih dari Rp 150 juta. Selain menjadi ajang kontes, para pecinta bonsai dan pengunjung bisa menikmati ratusan keindahan tanaman bonsai kelas regional.

"Yang turun ke sini harganya banyak yang Rp 100 juta, rata-rata Rp 150 juta ke atas. Terkait harga itu kesepakatan penjual dan pembeli," ujar Umbaran Wibowo, Ketua Perkumpulan Penggemar Bonsai Indonesia Blora.

"Karena nilai seni kan tidak ada patokannya, nilai seni itu yang penting hatinya mau, yang beli mau yang jual oke terjadilah kesepakatan," ujarnya.

Kegiatan yang dihelat beberapa hari ini diharapkan dapat memacu semangat masyarakat untuk menggeluti dunia pembonsaian. Sebab, tidak menutup kemungkinan harga tanaman bosai di pasaran dapat laku hingga ratusan juta rupiah.

#bonsai #blora #kontesbonsai

 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x