Kompas TV regional gaya hidup

Sembarangan Campur AHA BHA dengan Bahan Lain Bisa Berbahaya!

Kamis, 22 September 2022 | 10:42 WIB
sembarangan-campur-aha-bha-dengan-bahan-lain-bisa-berbahaya
Kenali manfaat dan pantangan menggunakan AHA BHA (Sumber: Freepik)

Penulis : Ristiana D Putri | Editor : Iman Firdaus

JAKARTA, KOMPAS.TV - Saat ini produk-produk skincare menjadi primadona, terutama bagi kaum hawa. Kesadaran akan pentingnya merawat kulit, baik untuk alasan kesehatan dan kecantikan, menjadi alasan mengapa skincare kian digemari.

Salah satu yang menjadi perhatian saat memilih skincare adalah kegunaan dari kandungan yang terdapat dalam produk tersebut. Kandungan yang saat ini makin dikenal khasiatnya adalah AHA dan BHA.

Kandungan ini sering kita dengar dengan manfaatnya yang mampu mengeksfoliasi dan membantu meregenerasi kulit dengan menghilangkan kotoran di wajah. Hal ini dibahas pula dalam siniar Semua Bisa Cantik episode “Cara Menggunakan AHA BHA yang Bikin Auto Mulus”.

AHA BHA adalah dua bahan aktif yang sering kita dengar pada beberapa produk yang laris dipasaran. Keduanya memiliki segudang manfaat. 

Kita sering mendengar atau membaca kedua bahan ini pada beberapa produk yang laris dipasaran. Dilansir dari Healthline, selain eksfoliasi, AHA juga berguna untuk meningkatkan kolagen dan memperlancar aliran darah, menghilangkan bintik hitam, mengencangkan kerutan, mencegah timbulnya jerawat, dan mencerahkan kulit.

Baca Juga: Ternyata Kebiasaan dan Pola Hidup Kita Juga Termasuk Skincare, Percaya?

Sedangkan BHA memiliki manfaat untuk semua jenis kulit yaitu menghidrasi, juga memudarkan garis halus kerutan, warna, dan tekstur kulit. BHA sangat cocok untuk orang dengan kulit normal to oily dengan pori-pori tersumbat atau besar, jerawat, hingga kulit rawan dan tanda-tanda penuaan.

Namun, kedua bahan ini tidak bisa digunakan sembarangan bersamaan dengan bahan lain. Berikut adalah beberapa bahan yang tidak bisa digunakan bersamaan dengan AHA BHA.

1. Retinol dengan AHA BHA

Kedua bahan ini sebenarnya sama-sama bermanfaat untuk melawan penuaan karena sifatnya yang meregenerasi kulit. Namun, khasiatnya bisa hilang jika digunakan bersamaan.

Dengan sifatnya yang mengeksfoliasi, kedua bahan ini bekerja dengan mengelupas lapisan kulit terluar. Oleh karenanya, jika keduanya digunakan dalam waktu yang bersamaan atau berdekatan, akan berkemungkinan besar menimbulkan iritasi.

Hal ini dapat merusak kulit dan membuat kulit kering secara bersamaan. Oleh sebab itu, jika masih ingin menggunakan keduanya, gunakanlah retinol dan AHA BHA secara bergantian. Misalnya AHA BHA hari ini dan retinol di hari selanjutnya. Hal ini juga harus disesuaikan dengan klaim produk.

Jika ingin menggunakan salah satunya, kenali manfaat dari kedua bahan dan kebutuhan kulit agar hasilnya maksimal.

Baca Juga: Retinol Tak Disarankan untuk Ibu Menyusui, Ini Bahan Skincare yang Aman Menurut Dokter

2. Vitamin C dengan AHA BHA



Sumber : Kompas TV

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

REKOMENDASI UNTUK ANDA

Powered by



Video Pilihan

BERITA LAINNYA


Close Ads x