Kompas TV bisnis ekonomi dan bisnis

Jelang Tahun Politik 2024, Makin Banyak Politisi yang Sewa Jet Pribadi

Kamis, 22 September 2022 | 10:05 WIB
jelang-tahun-politik-2024-makin-banyak-politisi-yang-sewa-jet-pribadi
Hawker 400, salah satu armada jet pribadi yang disewakan oleh Indojetfly dengan tarif sewa paling murah dari jenis pesawat lainnya. Indojeyfly sebut jelang tahun politik, banyak politisi yang gunakan private jet. (Sumber: Indojetfly.com)

Penulis : Dina Karina | Editor : Desy Afrianti

JAKARTA, KOMPAS.TV- Memasuki persiapan pemilu dan menjelang tahun politik 2024, banyak politisi yang menyewa jet pribadi untuk berkunjung ke berbagai daerah. Hal itu diakui oleh Direktur PT Indojet Sarana Aviasi Stefanus Gandi.

"Latar belakang klien masih cenderung diisi oleh kelompok pengusaha. Juga kami melihat menjelang tahun politik 2024 permintaan charter ini sudah mulai pelan-pelan diisi oleh kelompok  berlatar belakang politisi," kata Stefanus dalam keterangan tertulisnya kepada Kompas TV, Rabu (21/9/2022).

"Dan dari kelompok artis - influencer yang menggunakan jasa kami sepertinya belum begitu menonjol," katanya.

Ia menjelaskan, tahun politik memang biasanya menjadi salah satu momen meningkatnya pesanan sewa jet pribadi. Khusus tahun ini, pesanan meningkat juga karena ada acara G20 di Indonesia.

Baca Juga: Aturan Main di Bisnis Penyewaan Jet Pribadi: Siapapun Tamunya, yang Penting Bisa Bayar Sesuai Harga

"Kami melihat momentum persiapan Pemilu dan Pilkada 2024 menjadi salah satu periodik yang menjanjikan, termasuk G20 tahun ini," ujarnya.

Menariknya, Stefanus mengungkap tren penyewaan jet pribadi naik pesat pada saat pandemi di 2020. Lantaran masyarakat kesulitan terbang jika menggunakan pesawat komersil biasa, dengan berbagai aturan pembatasannya.

"Sejak pandemi awal 2020, tren penyewaan transportasi private jet di Indonesia sangat meningkat signifikan. Pasar ini kemudian terus bertumbuh menjadi suatu tren perjalanan bagi yang memiliki budget cukup," kata Stefanus.

Ia juga melihat kemunculan segmen pelanggan baru. Yakni anak muda yang ingin mencoba layanan private jet, di luar untuk kepentingan bisnis.

Baca Juga: Harga Beli Sampai Biaya Parkirnya Mahal, Ini Daftar Pengusaha RI yang Punya Jet Pribadi


Sumber :

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

REKOMENDASI UNTUK ANDA

Powered by



Video Pilihan

BERITA LAINNYA


Close Ads x