Kompas TV bisnis ekonomi dan bisnis

Aturan Main di Bisnis Penyewaan Jet Pribadi: Siapapun Tamunya, yang Penting Bisa Bayar Sesuai Harga

Kamis, 22 September 2022 | 08:56 WIB
aturan-main-di-bisnis-penyewaan-jet-pribadi-siapapun-tamunya-yang-penting-bisa-bayar-sesuai-harga
Pesawat jet pribadi yang ditumpangi Brigjen Hendra Kurniawan saat mengunjungi keluarga Brigadir Yosua Hutabarat atau Brigadir J di Jambi pada 11 Juli 2022. (Sumber: Tangkapan layar KOMPAS TV)

Penulis : Dina Karina | Editor : Desy Afrianti

JAKARTA, KOMPAS.TV - Belakangan, kasus pejabat publik atau penegak hukum yang naik private jet atau jet pribadi sedang menjadi sorotan. Seperti kasus mantan Kepala Biro Pengamanan Internal (Karo Paminal) Divisi Propam Polri Brigjen Pol Hendra Kurniawan yang diduga naik jet pribadi saat kerumah Brigadir Yosua atau Brigadir J di Jambi.

Kritik datang karena penghasilan resmi Brigjen Hendra tidak mungkin bisa menutupi ongkos terbang dengan jet pribadi. Sehingga muncul dugaan ia mendapat sokongan dari pihak lain. Sebagai informasi, tarif sewa jet pribadi biasanya ribuan dollar AS yang jika dirupiahkan mencapai ratusan juta rupiah.

Sudah jadi rahasia umum juga, layanan terbang dengan private jet menjadi salah satu layanan atau service yang biasa diberikan pengusaha kepada pejabat publik, tokoh parpol, sampai penegak hukum. Lantaran, pengusaha adalah kalangan yang paling banyak memiliki jet pribadi atau memiliki kemampuan membayar tarif sewa jet pribadi.

Direktur PT Indojet Sarana Aviasi Stefanus Gandi mengatakan, dalam praktik bisnis penyewaan jet pribadi, memang tidak penting asal usul sang penyewa atau penumpang yang menaikinya.

Baca Juga: Jet Pribadi Tumpangannya Crazy Rich, Tarif Sewa Jakarta-Bali Sampai Ratusan Juta Rupiah

"Sebagai penyedia layanan charter private jet, kami tidak tertarik menanyakan asal usul tamu, karena itu merupakan bagian dari etik untuk menjaga privacy penumpang," kata Stefanus saat dihubungi Kompas TV, Rabu (21/9/2022).

Menurutnya, pelanggan memilih layanan private jet selain ingin lebih cepat sampai tujuan, juga karena alasan privasi.


 

"Buat kami, siapa pun tamunya, selama bisa membayar nilai sewa yang disepakati, maka kami memastikan layanan privat disediakan mulai dari check-in sampai pada kedatangan, termasuk menjaga kerahasiaan identitas," ujar Stefanus.

Indojet adalah salah satu perusahaan penyedia private jet untuk disewa. Bukan hanya untuk urusan bisnis dan liburan, Indojet juga menyediakan jet pribadi untuk kepentingan evakuasi dan bencana.

Baca Juga: Fenomena Pamer Naik Jet Pribadi, Bisa Jadi Cuma Sewa Karena Banyak Keuntungannya


Sumber :

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

REKOMENDASI UNTUK ANDA

Powered by



Video Pilihan

BERITA LAINNYA


Close Ads x