Kompas TV nasional rumah pemilu

Masinton Pasaribu sebut Kekhawatiran SBY soal Kecurangan Pemilu 2024 adalah Sesuatu yang Melankolis

Kompas.tv - 21 September 2022, 22:14 WIB
masinton-pasaribu-sebut-kekhawatiran-sby-soal-kecurangan-pemilu-2024-adalah-sesuatu-yang-melankolis
Pernyataan Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) tentang kekhawatiran kecurangan pada Pemilu 2024, merupakan pernyataan yang melankolis. (Sumber: Tangkapan layar Kompas TV)
Penulis : Kurniawan Eka Mulyana | Editor : Gading Persada

JAKARTA, KOMPAS.TV – Pernyataan Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) tentang kekhawatiran kecurangan pada Pemilu 2024, merupakan pernyataan yang melankolis.

Politikus Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP), Masinton Pasaribu mengatakan pernyataan SBY yang disampaikan dalam Rapimnas Partai Demokrat tersebut bukan sekadar pesan moral.

Ia menilai pernyataan-pernyataan itu merupakan tudingan kepada lebih dari satu pihak, karena SBY menggunakan diksi ‘mereka-mereka’.

“Kan ada kalimat 'mereka-mereka', itu kan jamak, berartikan lebih dari satu. Bisa dua, tiga, empat lima, banyak. Artinya tudingan itu bisa pada siapa pun,” jelas Masinton dalam program Satu Meja The Forum di Kompas TV, Rabu (21/9/2022) malam.

“Kemudian, menurut saya, sesuatu yang disampaikan ini sangat melankolis, diksi-diksi, bahwa ada keprihatinan, iya.”

Baca Juga: Politikus Demokrat sebut Pernyataan SBY soal Pemilu Bisa Curang Merupakan Pesan Moral untuk Kader

Masinton juga menyentil pernyataan SBY bahwa akan ‘turun gunung’, yang menurut Masinton, pernyataan semacam itu sudah sering disampaikan oleh SBY.

“Seumpama diksi turun gunung, ini kan pernyataan yang sering disampaikan Pak SBY ya, bahkan ketika beliau masih presiden saat itu, dan ini disampaikan kembali.”

Mengenai Partai Demokrat tidak bisa mengusung calon presiden-wakil presiden sendiri, Masinton menyebut bahwa aturan tentang pencalonan sudah diatur dalam undang-undang.

Bahkan, aturan tentang parlementary treshold dan presidential treshold, khususnya presidential treshold, diatur pada masa pemerintahan SBY.

“Undang-Undang 42 tahun 2008, di mana sayaratnya adalah 20 persen kursi DPR atau 25 persen perolehan suara nasional.”

https://www.youtube.com/watch?v=yAxnS18hNmo



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.