Kompas TV internasional krisis rusia ukraina

Putin Umumkan Mobilisasi Parsial, Warga Rusia Panik, Tiket Pesawat ke Luar Negeri Ludes!

Rabu, 21 September 2022 | 20:56 WIB
putin-umumkan-mobilisasi-parsial-warga-rusia-panik-tiket-pesawat-ke-luar-negeri-ludes
Ilustrasi. Presiden Rusia Vladimir Putin dan Menteri Pertahanan Sergei Shoigu saat menghadiri Forum Teknik dan Militer Internasional di Moskow, 15 Agustus 2022. Pada Rabu (21/9/2022), pengumuman mobilisasi parsial oleh Presiden Vladimir Putin dilaporkan menimbulkan kepanikan di Rusia hingga warga berbondong-bondong ingin pergi. (Sumber: Sputnik//Pool Kremlin via AP)

Penulis : Ikhsan Abdul Hakim | Editor : Vyara Lestari

MOSKOW, KOMPAS.TV - Pengumuman mobilisasi parsial oleh Presiden Vladimir Putin dilaporkan menimbulkan kepanikan di Rusia. Pada Rabu (21/9/2022), tiket penerbangan ke luar negeri ludes usai pengumuman mobilisasi ke Ukraina.

Sebelumnya, Putin mengumumkan mobilisasi 300.000 cadangan militer untuk membantu upaya perang di Ukraina. Kremlin pun dikhawatirkan akan meningkatkan status mobilisasi dan menutup perbatasan di kemudian hari.

Setelah pengumuman tersebut, nomor-nomor penerbangan ke luar Rusia penuh dengan cepat, dan tiket yang masih ada harganya meroket.

Baca Juga: Putin Mobilisasi 300.000 Tentara Tempur Tambahan, Inilah Rentang Masa Serangan Rusia ke Ukraina

Akibat sanksi Barat usai invasi ke Ukraina, hanya terdapat segelintir penerbangan langsung ke luar Rusia; di antaranya penerbangan dari Moskow ke Beograd, Serbia dan Istanbul, Turki dan Dubai, Uni Emirat Arab.

Tiket maskapai Air Serbia dan Turkish Airlines untuk penerbangan ke luar Rusia selama beberapa hari ke depan telah ludes.

Sementara itu, Associated Press melaporkan, harga tiket penerbangan dari Moskow ke Istanbul atau Dubai meroket hingga 9.200 euro atau sekitar Rp137 juta.

Usai dekrit mobilisasi Putin, laporan mengenai kepanikan masyarakat Rusia melanda media sosial. Sejumlah warganet membuat unggahan tentang warga Rusia yang diduga batal kembali ke Rusia di Georgia dan lumpuhnya situsweb BUMN perkeretaapian Rusia karena terlalu banyak orang yang mencari cara ke luar negeri.

Media-media sosial Rusia pun dipenuhi saran bagaimana cara menghindari mobilisasi atau meninggalkan negara itu.

Baca Juga: Perberat Hukuman bagi Desertir, Rusia Amandemen KUHP, Jaga Disiplin di Ukraina?


 

 


Sumber : Associated Press

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

REKOMENDASI UNTUK ANDA

Powered by
jixie-logo



Video Pilihan

BERITA LAINNYA


Internet

21 Emoji Baru Akan Tersedia di WhatsApp!

Rabu, 7 Desember 2022 | 20:19 WIB
Close Ads x