Kompas TV nasional politik

Mengungkap Kepemilikan Jet Pribadi yang Digunakan Brigjen Hendra Temui Keluarga Brigadir J di Jambi

Kompas.tv - 21 September 2022, 19:20 WIB
mengungkap-kepemilikan-jet-pribadi-yang-digunakan-brigjen-hendra-temui-keluarga-brigadir-j-di-jambi
Pesawat jet pribadi yang ditumpangi Brigjen Hendra Kurniawan saat mengunjungi keluarga Brigadir Yosua Hutabarat atau Brigadir J di Jambi pada 11 Juli 2022. (Sumber: Tangkapan layar Kompas TV)
Penulis : Johannes Mangihot | Editor : Gading Persada

JAKARAT, KOMPAS.TV - Salah satu tersangka kasus menghalangi penyidikan perkara pembunuhan Brigadir Nofriansyah Yosua Hutabarat atau Brigadir J, Brigjen Hendra Kurniawan menggunakan pesawat jet pribadi saat menemui keluarga Brigadir J di Jambi.

Hasil penelusuran, jet pribadi yang ditumpangi Brigjen Hendra ternyata teregistrasi dari Negara San Marino.

Dalam laman flight radar ditemukan sebuah pesawat dengan kode penerbangan T7-JAB berangkat ke Jambi sekitar pukul 15.00, Senin (11/7/2022). Tiga hari setelah kematian Brigadir J di rumah dinas Kadiv Propam Irjen Ferdy Sambo di Duren Tiga. 

Adapun Ferdy Sambo yang menjadi salah satu tersangka pembunuhan berencana terhadap Brigadir saat ini sudah dipecat sebagai anggota Polri.

Baca Juga: Terungkap, Penyedia Jet Pribadi untuk Brigjen Hendra Kurniawan Temui Keluarga Brigadir J di Jambi

Jet pribadi tipe Raytheon Hawker 850 XP ini aktif melakukan penerbangan di berbagai kota dan negara. Namun pada 11 Juli 2022, tercatat pesawat ini hanya melayani penerbangan pulang pergi Jakarta-Jambi-Jakarta. 

Pengamat penerbangan Alvin Lie menjelaskan huruf T7 dalam badan pesawat merupakan kode sebuah negara. Indonesia juga memiliki kode penerbangan dengan huruf PK.

Menurut Alvin, kode T7 ini menunjukkan pesawat tersebut diregistrasi di San Marino. Hal yang menarik, San Marino merupakan negara kecil yang tidak memiliki bandara. 

"Walaupun mereka punya pesawat yang diregistrasi di sana, tetapi mendaratnya kota terdekat di Italia, Rimini kalau tidak salah," ujar Alvin pada program Kompas Petang di Kompas TV, Rabu (21/9/2022).

Baca Juga: Disebut Sediakan Brigjen Hendra Kurniawan Jet Pribadi, Ini Konfirmasi dari Robert Bonosusatya!



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x