Kompas TV regional berita daerah

3 Rumah Ambruk Tergerus Tebing Longsor di Banyumas, 1 Lansia Tertimbun

Kompas.tv - 21 September 2022, 10:47 WIB
Penulis : KompasTV Jateng

BANYUMAS, KOMPAS.TV - Bencana tanah longsor terjadi di Kelurahan Arcawinangun RT 04 RW 04, Kecamatan Purwokerto Timur, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah. Sebanyak tiga rumah mengalami kerusakan berat, empat rumah lainnya terancam longsor susulan.

Seorang warga yang sudah lanjut usia tertimbun rumah yang ambruk. Tim SAR gabungan pun terpaksa menghentikan pencarian korban karena kondisi tebing yang masih labil dan arus sungai yang masih sangat deras.

"Saya mau menyelamatkan mama, tapi pas mau menyelamatkan, istri saya jatuh. Waktu jatuh, saya tidak sempat menolong karena saya menolong istri dulu. Pas kembali, tanah sudah longsor. Kondisi tidak hujan sama sekali," ungkap Muhammad Sabar, anak korban yang tertimbun.

"Dalam situasi ini tidak memungkinkan, karena arus air masih besar. Di arah Baturaden, hujan masih berjalan," jelas Ajat Sudrajat, Petugas BPBD Banyumas.

Menurut warga, saat kejadian cuaca cerah, namun kondisi air sungai meluap karena di hulu sungai diguyur hujan lebat. Tanpa diduga, tiba-tiba tebing sungai yang menjadi permukiman warga longsor dan membuat tiga rumah ambruk. Seorang nenek berusia 80 tahun yang berada di dalam kamarnya, tertimbun rumah yang ambruk.

#tanahlongsor #banyumas #jawatengah



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x