Kompas TV bisnis ekonomi dan bisnis

Jet Pribadi Tumpangannya Crazy Rich, Tarif Sewa Jakarta-Bali Sampai Ratusan Juta Rupiah

Rabu, 21 September 2022 | 10:59 WIB
jet-pribadi-tumpangannya-crazy-rich-tarif-sewa-jakarta-bali-sampai-ratusan-juta-rupiah
Taipan Hary Tanoesoedibjo saat akan pulang ke Jakarta dari Bali menggunakan jet pribadi (21/9/2022). (Sumber: Instagram @hary.tanoesoedibjo )

Penulis : Dina Karina | Editor : Desy Afrianti

JAKARTA, KOMPAS.TV- Pengguna jet pribadi di Indonesia kini bukan hanya kalangan pengusaha. Artis, musisi, hingga pejabat publik juga sudah biasa menggunakan private jet untuk berpergian. Mereka bisa menyewa sendiri atau yang paling terjadi, juga difasilitasi pengusaha.

Menggunakan private jet memang banyak kelebihannya dibanding naik pesawat komersil. Namun untuk urusan harga, biaya yang dikeluarkan  memang jauh lebih mahal dibanding terbang dengan pesawat komersil.

Melansir laman compareprivateplanes.com, Rabu (21/9/2022), ada beberapa faktor yang akan mempengaruhi biaya untuk menyewa jet pribadi. Yakni biaya pendaratan, biaya kru, biaya penempatan, biaya pembersihan, biaya tambahan bahan bakar, jarak tempuh, waktu penerbangan, biaya penanganan, Biaya hanggar, usia pesawat, kondisi pesawat, dan jenis pesawat.

Baca Juga: Fenomena Pamer Naik Jet Pribadi, Bisa Jadi Cuma Sewa Karena Banyak Keuntungannya

Menurut situs tersebut, jet paling mahal untuk disewa saat ini adalah Bombardier Global 7500 dengan perkiraan tarif per jam 15.900 dollar AS atau Rp238 juta per jam (asumsi kurs Rp15.000).

Bombardier Global 7500 adalah salah satu jet terbaru yang memasuki pasar penyewaan private jet. Selain itu, Global 7500 adalah salah satu jet pribadi terbesar dan tercanggih yang pernah dibuat, dengan jangkauan 7.700 mil.

Selanjutnya ada Gulfstream G700 dengan harga sewa per jam sekitar 13.000 dollar AS.

Untuk pesawat kelas menengah, ada Eclipse 500 dengan perkiraan tarif sewa per jam sebesar 1.700 dollar AS. Pesawat itu khusus untuk penerbangan dengan waktu tempuh maksimal 40 menit.

Baca Juga: Harga Beli Sampai Biaya Parkirnya Mahal, Ini Daftar Pengusaha RI yang Punya Jet Pribadi

"Semakin kecil pesawat semakin rendah biaya per jam dan sebaliknya untuk pesawat besar," demikian tertulis di laman tersebut.

Sementara itu, tarif private jet untuk penerbangan di wilayah Indonesia, tarifnya ditentukan langsung berdasarkan kota tujuannya, bukan per jam.

Seperti daftar harga yang tertera di situs sewaprivatejakarta.com. Untuk rute Jakarta-Makassar, tarifnya adalah 29.000 dollar AS jika mengunakan pesawat jenis Hawker 400. Harga itu setara Rp435 juta dengan kapasitas 6 penumpang (asumsi kurs Rp15.000)

Jika menggunakan pesawat Embraer Legacy 600 yang bisa muat hingga 13 orang, harganya sebesar
43.000 dollar AS atau sekitar Rp645 juta untuk rute yang sama.

Baca Juga: Daftar 5 Negara Pemberi Pinjaman Terbesar ke RI, No 1 Ternyata Bukan China

Sedangkan untuk Jakarta-Bali tarifnya lebih murah karena jaraknya lebih dekat. Harga untuk Hawker 400 kapasitas 6 orang adalah 19.500 dollar AS. Dan harga untuk Legacy 600 adalah 37.000.dollar AS.

Kemudian harga sewa untuk Jakarta-Lombok adalah 21.500 dollar AS untuk Hawker 400 dan 39.800 dollar AS untuk Legacy 600. Namun tarif tersebut berlaku pada 2021. Untuk tahun 2022 ini sangat mungkin terjadi kenaikan mengikuti laju inflasi. 



Sumber :

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

REKOMENDASI UNTUK ANDA

Powered by
jixie-logo



Video Pilihan

BERITA LAINNYA


Close Ads x