Kompas TV regional budaya

5 Legenda Cerita Hantu Paling Populer di Indonesia

Rabu, 21 September 2022 | 10:19 WIB
5-legenda-cerita-hantu-paling-populer-di-indonesia
Legenda hantu di Indonesia (Sumber: Freepik / rawpixel.com)

Penulis : Ristiana D Putri | Editor : Desy Afrianti

JAKARTA, KOMPAS.TV - Budaya di Indonesia yang masih melekat di masyarakat membuat kita akrab dengan hal metafisik atau mistis. Termasuk kehadiran sosok-sosok gaib yang dikenal dengan nama tertentu.

Percaya tidak percaya, kita pasti pernah mendengar nama-nama sosok gaib tersebut dan mengetahui bagaimana wujud yang dipercaya masyarakat. Sosok-sosok inilah yang kemudian bertahun-tahun menjadi unsur kengerian yang digunakan masyarakat untuk tujuan tertentu.

Hal ini juga membuat khazanah horor lokal di Indonesia unik dengan caranya sendiri. Salah satu yang tertanam sejak kecil adalah legenda-legenda seram di sekolah. Hal ini dibahas oleh Siniar Kosan HAI dalam episode berjudul, "Serba-serbi Hantu di Sekolah".

Berikut adalah beberapa legenda hantu yang paling umum di Indonesia, mulai dari kisah hingga wujudnya.

1. Pocong

Pocong cukup dikenal karena wujudnya yang terbalut kain kafan dengan ikatan kafan yang masih melekat. Sosok ini juga pernah dianggap sebagai sosok hantu paling mengerikan yang pernah dikenal di Indonesia karena wajah putih pucat dengan lubang mata yang berongga.

Kafan sendiri identik dengan syarat penguburan jenazah dalam ajaran agama Islam. Hal ini berkaitan juga dengan kepercayaan masyarakat akan adanya hantu ini. Pocong dinilai sebagai representasi atau bentuk protes dari orang meninggal yang lupa dibuka ikatan kafannya saat kuburannya ditutup.

Ikatan kafan itu juga membuat banyak orang menggambarkan pergerakan pocong yang melompat-lompat. Beberapa pendapat lain mengatakan pocong bergerak dengan terbang. Pocong juga dikenal suka berdiam diri di kebun pisang.

Baca Juga: Temuan Horor Ukraina di Kharkiv: Ruang Penyiksaan, Mayat dengan Rahang Hancur dan Kelamin Terpotong

2. Sundel Bolong

Sundel bolong mungkin menjadi salah satu sosok dengan kisah memilukan di belakangnya. Sundel bolong selalu diceritakan sebagai perempuan yang tewas terbunuh karena diperkosa saat hamil sehingga ia harus melahirkan anaknya di dalam kubur.

Sosok ini digambarkan berambut panjang dengan gaun putih menyerupai Kuntilanak, namun punggungnya bolong sehingga organ tubuhnya terlihat. Mitosnya, ia juga sangat malu dengan punggungnya yang bolong sehingga terus berusaha menutupi punggungnya dengan rambut panjangnya.

Bolong di punggung ini juga dipercaya karena ia melahirkan anaknya dengan paksa melalui punggung. Dengan dendam yang teramat sangat, sosok ini juga diketahui ingin membuat siapa saja merasakan perasaannya. Sehingga legenda mengenai Sundel Bolong yaitu ia suka menculik bayi dan anak-anak, baik untuk dibawa atau dimakan hidup-hidup

Baca Juga: Agar Horor, Pengabdi Setan 2 Pakai Instrumen Musik dari Tulang Manusia?! Ini Faktanya

3. Kuntilanak



Sumber : Kompas TV

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

REKOMENDASI UNTUK ANDA

Powered by



Video Pilihan

BERITA LAINNYA


Close Ads x