Kompas TV bisnis ekonomi dan bisnis

Harga Beli Sampai Biaya Parkirnya Mahal, Ini Daftar Pengusaha RI yang Punya Jet Pribadi

Kompas.tv - 21 September 2022, 09:30 WIB
harga-beli-sampai-biaya-parkirnya-mahal-ini-daftar-pengusaha-ri-yang-punya-jet-pribadi
Maia Estianty dan suaminya pengusaha Irwan Mussry di dalam jet pribadi mereka. (Sumber: Instagram @maiaestiantyreal )
Penulis : Dina Karina | Editor : Iman Firdaus

JAKARTA, KOMPAS.TV- Bagi sekelompok masyarakat Indonesia, jet pribadi sudah menjadi alat transportasi seperti mobil pada umumnya. Pengguna yang biasanya golongan orang berduit ini, memilih jet pribadi agar lebih cepat dan efisien untuk berpergian atau mengejar rapat penting.

Seperti yang pernah dilakukan penyanyi Syahrini dan suaminya Reino Barack yang naik jet pribadi untuk berobat ke Singapura, setelah kaki Syahrini terluka tertimpa lemari.

Atau penyanyi cilik Farel Prayoga, yang terekam naik jet pribadi pengusaha asal Kalimantan Haji Isam, saat akan berangkat sekolah ke Banyuwangi. 

Namun yang perlu diketahui, tidak semua orang yang naik jet pribadi berati memiliki pesawat privat tersebut. Bisa jadi mereka hanya menyewanya.

Seperti yang diakui Bos Juragan 99 Gilang Widya Pramana. Ia sempat mengklaim punya jet pribadi dari hasil bisnisnya, namun setelah didesak netizen akhirnya mengaku jika hanya menyewanya.

Selain itu, penggunaan jet pribadi oleh pejabat publik juga kerap menimbulkan kontroversi. Seperti kasus mantan Kepala Biro Pengamanan Internal (Karo Paminal) Divisi Propam Polri Brigjen Pol Hendra Kurniawan yang naik jet pribadi saat kerumah Brigadir Yosua atau Brigadir J di Jambi.

Baca Juga: Brigjen Hendra Pakai Private Jet saat Temui Keluarga Brigadir J, Difasilitasi Bandar Judi?

Atau Ketua Banggar Said Abdullah yang videonya beredar saat ia naik jet pribadi. Video itu viral usai Said mengutarakan usulan kenaikan daya listrik 450 VA ke 900 VA.

Di Indonesia, jet pribadi paling banyak dimiliki oleh pengusaha kaya raya. Terutama pengusaha tambang dan perkebunan. Karena selain harganya mahal, biaya perawatan, biaya operasional, hingga biaya parkir di bandara nya pun mahal. Namun semua itu sebanding dengan keuntungan bisnis pengusaha, yang didapat dari lini usahanya yang tersebar di seluruh penjuru RI.

Mengutip sonora.id, Rabu (21/9/2022), berikut sejumlah pengusaha RI yang punya jet pribadi:

1.Prabowo Subianto

Tidak heran kalau tokoh sekelas Prabowo Subianto memiliki pesawat jet pribadi. Karena pasti selain harganya yang mahal, proses perizinan kepemilikannya pun cukup sulit.

Baca Juga: Ditawari Rp72 Juta untuk Hapus Twitter yang Lacak Jet Pribadi Elon Musk, Pemuda Ini Minta Rp719 Juta

Prabowo memiliki jet pribadi jenis Embraer Legacy 600. Harganya ditaksir mencapai Rp375 miliar. Pesawat yang diproduksi di Brazil ini juga dimodifikasi untuk memenuhi kebutuhannya menjalankan bisnis dan kunjungan politik.

2. Chairul Tanjung

Chairul Tanjung memiliki pesawat Gulfstream G550. Pesawat tersebut dibandrol dengan harga sekitar sekitar Rp888 miliar. Pesawat yang dimiliki oleh CT Corp itu dengan kapasitas yang cukup besar untuk penumpang di dalamnya.

3. Surya Paloh

Politisi Partai Nasdem, Surya Paloh, memiliki dua jet pribadi. Satu pesawat dengan jenis British Aerospace BAe 146. Pesawat tersebut memiliki harga sekitar Rp340 Miliar.

Sedangkan pesawat satunya lagi Embraer 190. Untuk pesawat ini memiliki harga yang cukup tinggi berkisar Rp411 miliar.

Baca Juga: Bisnis Penyewaan Private Jet Justru Meningkat Dua Kali Lipat di Tengah Pandemi!



Sumber :

BERITA LAINNYA



Close Ads x