Kompas TV feature news or hoax

Hoaks Video Lagu Perpisahan Ratu Elizabeth II | NEWS OR HOAX

Kompas.tv - 21 September 2022, 09:00 WIB
Penulis : Krisna Aditomo

KOMPASTV - Sebuah unggahan video yang menampilkan paduan suara yang diklaim membawakan Seloka Bhagavad Gita untuk perpisahan Ratu Elizabeth kedua  sempat menjadi sorotan publik. Tertulis narasi doa perpisahan Ratu Elizabet kedua dengan sloka Bhagavad Gita pada unggahan tersebut.

Video yang beredar merupakan video anak-anak yang membawakan seloka di acara Commonwealth Games Atau Cwg The Queens Baton Relay 2010, yang diadakan pada 29 Oktober 2009 lalu di istana Buckingham London. Keterangan tersebut terlihat pada watermark pada video yang diunggah dengan tulisan www.wild-films-india.com.

Dalam kanal youtube wild film India yang diunggah pada 22 Mei 2019 juga ditemukan video yang identik dengan unggahan tersebut. Pada keterangan video disebutkan bahwa paduan suara dari St James School melafalkan seloka atau puisi spiritual di istana Buckingham selama Cwg Queen Baton 2010.

Sedangkan Ratu Elizabeth kedua baru akan dimakamkan di Westminster Abbey pada Senin 19 September mendatang.

Jadi/ informasi unggahan yang  menampilkan paduan suara yang diklaim membawakan Seloka Bhagavad gita untuk perpisahan Ratu Elizabeth kedua adalah tidak benar atau hoaks.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x