Kompas TV feature news or hoax

Video Hoax Banjir Bandang Palestina | NEWS OR HOAX

Rabu, 21 September 2022 | 09:00 WIB

Penulis : Krisna Aditomo

KOMPASTV - Beredar unggahan video genangan air dan gelombang besar yang menyeret mobil-mobil di jalan, dan tertulis narasi banjir bandang hantam Pakistan, ribuan orang diperkirakan hilang. Video diunggah pada 28 Agustus 2022 lalu.

Video yang beredar bukanlah peristiwa banjir yang terjadi di Pakistan pada 28 Agustus lalu. Vdeo tersebut merupakan gelombang pasang akibat tsunami yang terjadi di Jepang pada 11 Maret 2011. pada laman youtube Takuro Suzuki yang diunggah Desember 2011 lalu, terlihat video yang sama yang diunggah sebagai video banjir Pakistan.

Video asli tersebut diambil di Miyagi pada 11 Maret 2011. Dilansir dari Kompas.com, pada 11 Maret 2011, memang terjadi gempa bumi yang menyebabkan tsunami di Jepang.  gempa bumi yang terjadi di 43 mil lepas pantai timur laut honshu pulau terpadat di Jepang menjadi gempa terbesar dalam sejarah Jepang, dan salah satu dari lima gempa bumi terkuat di dunia. Gempa besar tersebut juga memicu kehancuran pembangkit nuklir Fukushima Daici. 


Sumber : Kompas TV

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.


BERITA LAINNYA


Close Ads x