Kompas TV feature news or hoax

Hoaks Video Penyemprotan Pendemo Kenaikan BBM | NEWS OR HOAX

Kompas.tv - 21 September 2022, 09:00 WIB
Penulis : Krisna Aditomo

KOMPASTV - Beredar unggahan video di media sosial yang memperlihatkan ribuan mahasiswa disemprot water canon saat sedang melakukan aksi demonstrasi. Tertulis narasi peristiwa tersebut terjadi saat demo menolak kenaikan harga Bahan Bakar Minyak atau BBM di depan gedung DPR Jakarta pada 6 September lalu, tersemat juga logo Kompastv live di sebelah pojok kanan video.

Peristiwa dalam video terjadi saat demo mahasiswa menolak revisi kitab undang-undang hukum pidana KUHP di depan gedung DPR pada tahun 2019  lalu. Demonstrasi tersebut disiarkan secara langsung oleh Kompastv pada 24 September 2019.

Pada deskripsi video tertulis kepolisian mulai memukul mundur demonstran di depan gedung DPR RI menggunakan water canon untuk memecah konsentrasi massa di depan gedung DPR RI. P ihak kepolisian pun telah menyiagakan pasukan di area dalam gedung DPR RI. demonstran melempari pihak pengamanan dengan berbagai benda.

Jadi, video di media sosial yang memperlihatkan ribuan mahasiswa disemprot water canon saat sedang melakukan demonstrasi 6 September lalu yang disiarkan Kompastv, adalah tidak benar atau hoaks.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.