Kompas TV internasional kompas dunia

Anak Perempuan 16 Tahun dari Kasta Dalit Diperkosa dan Dibakar hingga Tewas, Publik India Murka

Selasa, 20 September 2022 | 20:35 WIB
anak-perempuan-16-tahun-dari-kasta-dalit-diperkosa-dan-dibakar-hingga-tewas-publik-india-murka
Seorang anak perempuan kasta Dalit berusia 16 tahun yang diperkosa beramai-ramai dan dibakar oleh dua pria di distrik Pilibhit Uttar Pradesh pada 7 September, akhirnya meninggal dunia setelah hampir dua minggu bertahan. (Sumber: Hindustan Times)
Penulis : Edwin Shri Bimo | Editor : Purwanto

LUCKNOW, KOMPAS.TV - Seorang anak perempuan dari kasta Dalit berusia 16 tahun yang diperkosa beramai-ramai dan dibakar oleh dua pria di distrik Pilibhit Uttar Pradesh pada 7 September, akhirnya meninggal setelah hampir dua minggu berjuang dalam perawatan di King George's Medical University KGMU di Lucknow pada hari Senin, (19/9/2022) kata para pejabat India seperti laporan Hindustan Times, (20/9/2022).

Gadis itu adalah seorang dari kasta Dalit, anak tangga terendah dalam sistem kasta Hindu di India, yang menderita tingkat kekerasan seksual yang sangat tinggi di negara dengan tingkat kejahatan terhadap perempuan yang tinggi.

“Anak berusia 16 tahun itu menderita 68 persen luka bakar,” kata Dr Sudhir Singh, juru bicara KGMU. “Sayangnya, dia meninggal saat perawatan awal (Senin) pagi ini.”

Masalah ini terungkap ketika video keluarga yang menceritakan penderitaannya dibagikan secara luas di media sosial tiga hari setelah kejadian. Korban kemudian dirujuk ke KGMU oleh dokter dari rumah sakit daerah.

Polisi India dilaporkan telah menangkap dua tersangka pelaku kejahatan tersebut.

Menurut polisi, setelah memperkosa gadis di bawah umur, kedua tersangka mencoba membunuhnya dengan menyiram solar dan membakarnya di daerah Madhav Tanda Pilibhit pada 7 September.

Inspektur polisi Pilibhit, Dinesh Kumar Prabhu, mengidentifikasi tersangka sebagai Rajveer (19 tahun) dan Tarachand alias Tarun Kumar (25 tahun), dan saat ini keduanya ditahan di penjara.

Baca Juga: Keterlaluan! Ibu di India Racuni Teman Sekolah Putrinya hingga Tewas karena Dapat Nilai Lebih Baik

Seorang anak perempuan kasta Dalit berusia 16 tahun diperkosa beramai-ramai dan dibakar oleh dua pria di Pilibhit Uttar Pradesh pada 7 September, akhirnya meninggal dunia setelah hampir dua minggu bertahan. (Sumber: India Post)

"Kami menangkap tersangka dalam waktu dua jam setelah insiden dilaporkan dan meyakinkan keluarga akan tindakan tindak lanjut yang tepat terhadap para pelaku," kata kepala polisi setempat Dinesh Kumar Prabhu.

Prabhu mengatakan polisi sejak itu juga telah dikerahkan di sekitar rumah gadis itu "untuk memeriksa setiap insiden yang tidak diinginkan".

Dalam kasus-kasus sebelumnya, keluarga kasta rendah sangat sering diancam atau diserang untuk menghentikan mereka bersaksi di pengadilan.

Aktivis mengatakan polisi sering gagal untuk menanggapi secara serius tuduhan yang dibuat oleh komunitas yang terpinggirkan dan bahwa mereka tidak memiliki bantuan hukum.

Tahun lalu, kremasi terburu-buru pihak berwenang Uttar Pradesh sebelum otopsi seorang korban pemerkosaan dari kasta Dalit yang dibunuh oleh seorang pria Hindu India kasta atas memicu kemarahan yang meluas.

Hampir 32.000 kasus pemerkosaan dilaporkan di India pada tahun 2021, menurut angka pemerintah, tetapi banyak lagi yang diperkirakan tidak dilaporkan.


Sumber : Kompas TV/Hindustan Times

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.


BERITA LAINNYA


Close Ads x