Kompas TV entertainment lifestyle

8 Rekomendasi Minuman Ampuh untuk Redakan Nyeri Haid

Kompas.tv - 20 September 2022, 19:26 WIB
8-rekomendasi-minuman-ampuh-untuk-redakan-nyeri-haid
Secangkir wedang jahe mampu memberikan kehangatan sekaligus meredakan sejumlah gejala menstruasi. (Sumber: Shutterstock via Kompas.com)
Penulis : Dian Septina | Editor : Vyara Lestari

JAKARTA, KOMPAS.TV - Nyeri haid sangatlah mengganggu aktivitas. Jika terjadi di malam hari, nyeri haid juga bisa membuat kita sulit tertidur.

Ada beberapa minuman untuk menghilangkan nyeri haid yang dapat dikonsumsi demi meredakan gejalanya.

Ahli gizi dari Mountainside, Joyce Faraj, PhD, RDN, CDN menjelaskan, tepat sebelum haid tiba, sel-sel yang membentuk lapisan di rahim mulai memproduksi prostaglandin. Ini merupakan bahan kimia hormon yang berkaitan dengan respons peradangan tubuh.

Meski ada beberapa obat di pasaran yang dapat dikonsumsi, beberapa minuman untuk menghilangkan nyeri haid juga dapat dicoba sebagai solusi yang lebih alami.

Baca Juga: Ingat, 9 Hal Ini Dilarang saat Perempuan Haid, Apa Saja?

Berikut beberapa minuman untuk menghilangkan nyeri haid yang dapat dicoba, dilansir dari Kompas.com:

1. Air putih

Tak sedikit wanita berpikir minum air putih saat menstruasi bakal menyebabkan kembung. Padahal, air pada dasarnya adalah obat mujarab untuk semua permasalahan ketika haid.

2. Teh peppermint

Beberapa penelitian menemukan bahwa mentol dalam peppermint dapat membantu melemaskan otot rahim, sehingga mengurangi kejang yang menyebabkan kram haid.

3. Teh hijau

Teh hijau memiliki kandungan kafein meski jumlahnya tak bisa disamakan dengan kopi.

Selain memenuhi asupan kafein harian Anda, teh hijau juga mengandung antioksidan yang berfungsi menjaga sistem tubuh tetap berjalan sebagaimana mestinya.

4. Wedang jahe

Secangkir wedang jahe mampu memberikan kehangatan sekaligus meredakan sejumlah gejala menstruasi. Jahe memiliki efek antiinflamasi sehingga mampu meredakan otot yang pegal. Selain itu, jahe juga mengurangi mual.


Baca Juga: Meskipun Kondisi Haid, 4 Ibadah Ini Tetap Bisa Dilakukan Perempuan

5. Jus nanas

Enzim bromelain pada nanas bisa membantu meredakan ketegangan otot. Jus nanas pun pas dikonsumsi sebagai minuman saat menstruasi. Jus nanas pun mampu membantu meredakan ketegangan dan melemaskan otot rahim.

6. Jamu kunyit asam

Kunyit dikenal sebagai salah satu rempah untuk bumbu masakan. Namun, Anda bisa memanfaatkannya jadi minuman menyegarkan untuk mengatasi kram. Kunyit dengan kandungan kurkumin berfungsi sebagai antiinflamasi.

7. Smoothie

Dalam sekali minum, smoothies mampu memberikan aneka nutrisi dan manfaat buat tubuh. Faraj menyarankan untuk mencampur parsley dan jahe sebab mampu berfungsi sebagai antiinflamasi.

8. Kaldu tulang

Kaldu tulang adalah sumber asam amino anti-inflamasi yang baik. Tak hanya dapat menjadi minuman untuk menghilangkan nyeri haid, tetapi juga bisa memberikan kita kenyamanan dan kehangatan.

 



Sumber : Kompas.com

BERITA LAINNYA



Close Ads x