Kompas TV religi beranda islami

Kisah 70.000 Orang Masuk Surga Tanpa Azab dan Hisab, Bikin Sahabat Bertanya-tanya

Kompas.tv - 20 September 2022, 17:17 WIB
kisah-70-000-orang-masuk-surga-tanpa-azab-dan-hisab-bikin-sahabat-bertanya-tanya
Ilustrasi keindahan surga. Ada kisah masuk surga  yang inspiratif dari Nabi, siapa mereka? (Sumber: Pixabay)
Penulis : Dedik Priyanto | Editor : Purwanto

JAKARTA, KOMPAS.TV – Rasulullah SAW mengisahkan, ia melihat ada sekelompok orang yang masuk surga secara langsung tanpa perlu kena hisab atau perhitungan tentang amal baik-buruk, dan tanpa kena azab. Mereka berjumlah 70 ribu orang. 

Lantas, hal ini membuat sahabat saling bertanya, siapakah mereka? Apa yang membuat mereka istimewa hingga mendapatkan balasan berupa surga tanpa melalui hisab dan aab. 

Kisah ini terdapat dalam kitab Riyadhus Shalihin karya Imam Nawawi, kisah ini juga berasal dari hadis Sahih-Muslim. Berikut ceritanya: 

Dari Ibnu Abbas, ia berkata Rasulullah SAW bersabda, "Telah diperlihatkan kepadaku beberapa umat. Aku melihat seorang nabi bersama sekelompok orang (tidak lebih dari sepuluh orang), seorang nabi bersamanya seorang atau dua orang dan seorang nabi yang tidak disertai seorang pun.

Tiba-tiba ditunjukkan padaku kelompok yang besar.

Aku menyangka mereka adalah umatku. Maka dikatakan kepadaku, "Ini adalah Musa as. dan kaumnya. Namun lihatlah ke ufuk (samping)."

Aku melihatnya, ternyata ada kelompok yang besar. Dan dikatakan kepadaku,'Lihatlah ke ufuk yang lain!"

Ternyata ada juga kelompok yang besar. Dikatakan kepadaku, "Ini adalah umatmu. Di antara mereka ada tujuh puluh ribu orang yang masuk surga tanpa hisab dan azab."

Baca Juga: Bacaan Doa Al-Qur'an agar Diberi Bangunan Indah di Surga

Kemudian Rasulullah bangkit dan masuk ke rumahnya. Para sahabat membicarakan siapa yang masuk surga tanpa hisab dan tanpa adzab.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.