Kompas TV regional berita daerah

Kapal PLTD Apung Hadirkan Wisata Edukasi Bencana

Kompas.tv - 20 September 2022, 15:05 WIB
Penulis : KompasTV Aceh

BANDA ACEH, KOMPAS.TV - Kapal PLTD Apung ini menjadi sejarah dahsyatnya Tsunami yang melanda Aceh pada 26 Desember 2004 silam. Kapal Pembangkit Listrik ini, kini menjadi wahana wisata edukasi yang sangat penting untuk membangun pemahanan masyarakat tentang proses terjadinya bencana dan bagaimana langkah mitigasinya.

Baca Juga: Permainan Anak Tradisional Kembali Dilestarikan

Di dalam kapal ini, terdapat informasi sepurah sejarah terdamparnya PLTD Apung hingga visual simulasi kapal hingg sampai ke pusat kota. Pengunjung dapat melihat bagaimana proses terjadinya bencana Tsunami dan bagiamana kapal berbobot 2.600 ton itu, dibawa oleh gelombang Tsunami setinggi 9 meter menuju daratan sejauh 5 kilometer ke pusat kota Banda Aceh.

Bagi pengunjung tempat wisata ini menjadi penting dalam membangun kesadaran terhadap mitigasi bencana atau pemahaman bagi wisatawan tentang sebuah peristiwa atau bencana alam. Jika bencana terjadi langkah langkah mitigasi apa yang perlu di lakukan agar selamat dari sebuah bencana.  



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.