Kompas TV nasional rumah pemilu

SBY Cium Ada Dugaan Kecurangan Pemilu 2024, PAN: Seluruh Parpol Harus Mengawal Suara

Kompas.tv - 20 September 2022, 14:59 WIB
sby-cium-ada-dugaan-kecurangan-pemilu-2024-pan-seluruh-parpol-harus-mengawal-suara
Viva Yogya Mauladi Wakil Ketua Umum PAN Viva Yoga Mauladi bicara partainya setuju dengan pernyataan SBY tentang dugaan kecurangan pemilu 2024 (Sumber: kompas.id)
Penulis : Dedik Priyanto | Editor : Purwanto

JAKARTA, KOMPAS.TV - Partai Amanat Nasional (PAN) disebut setuju dengan pernyataan Ketua Majelis Tinggi Partai Demokrat, Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) tentang dugaan adanya kecurangan di Pemilu 2024. 

Persetujuan itu diungkapkan Wakil Ketua Umum PAN Viva Yoga Mauladi yang menyatakan, pesan itu agar partpol kerja sama untuk jaga kemurnian suara pada pemilu 2024 mendatang. 

Selain itu, Viva menjelaskan, pesan SBY itu terkait dengan pemilu 2024 agar lebih berkualitas. 

"PAN setuju dengan Pak SBY agar seluruh partai politik bekerja sama dan secara simultan untuk menjaga kemurnian suara dan kedaulatan rakyat di pemilu 2024 melalui proses penyelenggaraan pemilu yang berkualitas dan berintegritas," kata Viva Selasa (20/9/2022) dilansir Tribunnews. 

Viva menuturkan seluruh parpol harus menjaga suara mulai tempat pemungutan suara (TPS) hingga ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI.

"Seluruh partai politik harus mengawal suara mulai dari TPS sampai ke KPU RI dengan menempatkan saksi partai politiknya masing-masing," ujarnya.

Baca Juga: SBY Sebut Ada Tanda Pemilu Tak Jujur, PDIP: Merusak Kepercayaan Publik, Timbulkan Kegaduhan"

Di samping itu, kata dia, parpol harus meningkatkan kualitas pengawasannya agar pemilu bisa langsung, umum, bebas, rahasia, jujur, dan adil atau luber-jurdil.

"Penyelenggara pemilu harus memberikan akses dan persetujuan yang luas bagi pemantau pemilu yang berasal dari lembaga-lembaga independen, dan juga pers," ungkap dia.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x