Kompas TV bisnis kebijakan

Akses Pelabuhan Patimban Selesai Tahun 2024, Jokowi: Nanti Ada Pesaing Tanjung Priok

Kompas.tv - 20 September 2022, 13:24 WIB
akses-pelabuhan-patimban-selesai-tahun-2024-jokowi-nanti-ada-pesaing-tanjung-priok
Pelabuhan Patimban yang dibangun di Subang, Jawa Barat akan terhubung dengan akses tol dan jalan Tol Trans Jawa ruas Cikopo-Palimanan (Cipali) (Sumber: Dok. Kemenhub)
Penulis : Johannes Mangihot | Editor : Desy Afrianti

JAKARTA, KOMPAS.TV - Presiden Joko Widodo atau Jokowi memastikan jalan tol akses ke Pelabuhan Patimban, Subang, Jawa Barat akan rampung tahun 2024.

Presiden Jokowi menilai dengan dukungan akses tol, Pelabuhan Patimban akan menjadi pesaing Tanjung Priok.

"Saya kira di Patimban tolnya di 2024 akan selesai. Nanti yang baik adalah akan ada kompetisi antara Tanjung Priok dan Patimban, dan itu yang menyebabkan pelayanan akan jauh lebih baik," ujar Presiden Jokowi usai peresmian ruas tol Cibitung-Cilincing dan Serpong-Balaraja Seksi I, Selasa (20/9/2022).

Baca Juga: Jokowi Resmikan Tol Cibitung-Cilincing, Kirim Barang dari Bekasi ke Priok Cuma 30 Menit

Pelabuhan Patimban memiliki nilai investasi sebesar Rp43,221 triliun. Pembangunan proyek ini sudah berjalan dari tahun 2019 dan ditargetkan selesai tahun 2027.

Jalan akses Pelabuhan Patimban dibangun dengan menggunakan 3 metode konstruksi yang sebagian besar elevated (jalan layang). 

Hal ini dikarenakan kondisi tanah di sekitar lokasi berupa persawahan dengan kontur tanah yang lunak.

Akses pelabuhan ini juga akan terhubung dengan jalan Tol Trans Jawa ruas Cikopo-Palimanan (Cipali) KM 89+125 hingga ruas Pantai Utara Subang sepanjang 37,5 kilometer. 

Baca Juga: Kunker ke Subang, Jokowi Tinjau Pelepasan Ekspor Mobil di Pelabuhan Patimban

Saat ini sudah ada pemrakarsa akses Tol Pelabuhan Patimban yakni konsorsium antara PT Jasa Marga, PT Surya Semesta Internusa, PT Daya Mulia Turangga dan PT Jasa Sarana dengan nilai investasi sekitar Rp6,35 triliun.


 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x