Kompas TV nasional politik

Jokowi soal Nama Pj Gubernur DKI Pengganti Anies: Belum Sampai ke Saya

Kompas.tv - 20 September 2022, 11:19 WIB
jokowi-soal-nama-pj-gubernur-dki-pengganti-anies-belum-sampai-ke-saya
Presiden Joko Widodo (Jokowi).  (Sumber: Tangkap Layar kanal YouTube Sekretariat Presiden)
Penulis : Isnaya Helmi | Editor : Iman Firdaus

JAKARTA, KOMPAS.TV - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan belum menerima nama-nama calon Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta pengganti Anies Baswedan.

Menurut keterangannya,  kandidat nama-nama yang ada masih digodok Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri).

Hal ini disampaikan Presiden  usai meresmikan ruas Tol Cibitung-Cilincing dan Tol Serpong-Balaraja Seksi I, Selasa (20/9/2022).

"Belum sampai ke saya, mungkin baru sampai ke Mendagri," kata Jokowi. sebagaimana ditayangkan YouTube Sekretariat Presiden,

Sementara terkait kriteria yang akan mengisi posisi Pj Gubernur DKI Jakarta, Kepala Negara tidak berbicara secara lugas.

Dia hanya menekankan bahwa ada banyak kriteria untuk menentukan sosok pengganti Anies Baswedan

"Saya kira kriterianya banyak sekali. Nanti saja kalau sudah, nanti kita putuskan," tegasnya.

Baca Juga: Bahtiar Dinilai Cocok Jadi Pj Gubernur DKI Gantikan Anies Baswedan, Ini Alasannya

Sebelumnya, Kemendagri menyebut kemungkinan nama calon Pj GubernurDKI Jakarta yang akan diserahkan ke Presiden Jokowi berjumlah enam orang.

Adapun tiga nama yang diusulkan dari DPRD DKI Jakarta, dan tiga lainnya dari Kemendagri.

Namun, diketahui, baru terdapat tiga nama dari sisi DPRD DKI, yang telah ditetapkan masuk dalam calon Pj Gubernur Jakarta .

Mereka adalah Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono, Sekda DKI Marullah Matali, dan Dirjen Politik dan Pemerintahan Umum Kemendagri Bahtiar.

Tiga nama yang diusulkan oleh DPRD DKI Jakarta itu juga telah diserahkan leh Ketua DPRD DKI Jakarta ke Kemendagri pada Rabu (14/9/2022).

"Tadi pagi hari ini, Rabu (14/9/2022) Mas Prasetyo (Edi Marsudi) Ketua DPRD DKI telah berkunjung ke Kemendagri, diterima di ruang Sekjen oleh Bapak Sekjen Mendagri Bapak Suhajar Diantoro," kata Staf Khusus Bidang Politik dan Media Menteri Dalam Negeri, Kastorius Sinaga, dikutip dari Kompas.com.

"Di waktu yang sama Bapak Mendagri sedang ada kegiatan di luar kantor. (Prasetyo) menyerahkan secara resmi daftar calon PJ hasil musyawarah kesepakatan yang menjadi usulan DPRD DKI."

Dalam kesempatan itu, Kastorius juga menyampaikan, pihaknya mengapresiasi DPRD DKI Jakarta yang sudah dengan baik melaksanakan arahan Mendagri Tito Karnavian yang sebelumnya disampaikan kepada Prasetyo lewat surat untuk menjaring dan mengusulkan tiga nama kandidat pj gubernur DKI.

Baca Juga: Pengamat soal Kriteria Figur yang Cocok Jadi Pj Gubernur DKI: Netral-Berhubungan Baik dengan Jokowi



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x