Kompas TV regional gaya hidup

Yuk, Jaga Kesehatan Kulit Area Mata Agar Tidak Cepat Keriput

Kompas.tv - 20 September 2022, 10:09 WIB
yuk-jaga-kesehatan-kulit-area-mata-agar-tidak-cepat-keriput
Jaga Kesehatan Kulit Area Mata Sangat Penting, Loh! (Sumber: Freepik / wayhomestudio)
Penulis : Ristiana D Putri | Editor : Iman Firdaus

JAKARTA, KOMPAS.TV - Manjaga kulit tentu sudah menjadi kebutuhan kita untuk terhindar dari berbagai masalah kesehatan dan menjaga penampilan agar tetap prima. Dalam hal ini, perawatan pada area wajah sering kali kita dahulukan.

Namun, terdapat area yang tanpa sadar sering kita abaikan atau hanya mendapat perawatan yang sama dengan lainnya, yaitu pada kulit area mata. Padahal bagian area mata berpotensi menghadirkan banyak masalah seperti dark circle, keriput, dan lainnya.

Siniar Semua Bisa Cantik juga membahas bagaimana cara merawat bagian mata dengan baik dalam episode, “Yuk Jaga Kesehatan Area Kulit Mata”. Dijelaskan, area mata lebih sensitif daripada area lainnya sehingga butuh perawatan ekstra.

Melansir Healthline, berikut beberapa cara yang dapat dilakukan atau kandungan yang bisa digunakan untuk menjaga kesehatan kulit area mata.

Baca Juga: Top Banget, Vjatre Hadirkan Skincare yang Ramah Lingkungan

Jaga Kelembapan

Melembabkan kulit adalah salah satu langkah yang sering diremehkan. Padahal kulit yang sering dibiarkan kering, lama-lama akan menyusut dan menimbulkan kerutan.

Maka, menggunakan produk yang memiliki kandungan untuk melembapkan dapat membantu mengurangi potensi munculnya garis-garis dan kerutan sedini mugkin. Hal yang sama berlaku untuk area mata kita.

Pergerakan pada area mata ketika berekspresi membuat kerutan lebih cepat muncul. Hal ini karena mereka kekurangan kelenjar minyak sebagai pelembab alami kulit kita, dan tidak dibantu dengan penggunaan skincare yang bisa mengatasi kelembapan.

Lalu, apakah pelembab wajah untuk kulit di sekitar mata sama dengan kulit wajah? Jawabannya bisa, selama tidak mengiritasi mata dan memberikan kelembapan yang cukup.

Akan tetapi, karena kulit di sekitar mata jauh lebih tipis, kulit bisa menjadi lebih sensitif terhadap krim wajah biasa. Jika Anda merasakan sensasi perih atau mata yang mulai berair hingga merah, hindari menggunakan pelembab wajah biasa dan ganti dengan krim mata.

Baca Juga: Perawatan Kecantikan Kelas Internasional Hadir di Aceh

Bersihkan Area Mata secara Rutin dan Bersikaplah Lembut

Menghapus riasan mata terkadang sulit hingga benar-benar bersih. Hal ini karena banyaknya kotoran yang hinggap pada rambut di area mata. Maka dari itu, penting untuk menemukan produk yang tepat dan membersihkannya dengan tepat.

Selain produk, sering kali kita juga menggosok area mata dengan keras dengan alasan agar cepat bersih. Padahal, saat membersihkan bagian ini hingga mengaplikasikan produk skincare ke kulit di sekitar mata, penting untuk bersikap lembut.

Kulit yang sangat tipis membuat tekanan kasar yang dilakukan berpotensi berkontribusi pada garis halus ekstra. Berikut ini adalah beberapa tips untuk merawat area mata.

Saat menghapus riasan



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x