Kompas TV nasional peristiwa

Jenazah Azyumardi Azra Dimakamkan, Menko PMK Pimpin Upacara Pemakaman

Kompas.tv - 20 September 2022, 09:33 WIB
jenazah-azyumardi-azra-dimakamkan-menko-pmk-pimpin-upacara-pemakaman
Menko PMK Muhadjir Effendy (kanna) menjadi inspektur upacara di pemakaman jenazah Azyumardi Azra. (Sumber: Tangkap Layar kanal YouTube Kompas TV)
Penulis : Isnaya Helmi | Editor : Iman Firdaus

JAKARTA, KOMPAS.TV - Jenazah Ketua Dewan Pers Profesor Azyumardi Azra dimakamkan di Taman Makam Pahlawan (TMP) Kalibata, Jakarta Selatan, Selasa (20/9/2022) pagi.

Prosesi pemakaman Azyumardi Azra dilangsungkan dengan upacara militer.

Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Indonesia (Menko PMK) Muhadjir Effendy menjadi inspektur upacara di pemakaman jenazah Azyumardi Azra.

"Saya, Menteri Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Indonesia, atas nama negara, bangsa dan Tentara Nasional Indonesia, dengan ini mempersembahkan gelar persada Ibu Pertiwi, jiwa raga dan jasa-jasa atas nama Profesor Doktor Azyumardi jabatan Guru Besar Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta, Kertua Dewan Pers RI, Instansi Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta," ucap Muhadjir.

“Semoga jalan dharma bakti yang ditempuhnya dapat menjadi suri tauladan bagi kita semua dan arwahnya mendapat tempat yang semestinya di alam baka,” tuturnya.

Dalam upacara pemakaman itu, juga disampaikan pembacaan riwayat hidup singkat serta dibacakan juga bintang jasa dan kehormatan yang dimiliki Azyumardi Azra.

Baca Juga: Jenazah Azyumardi Azra Tiba di TMP Kalibata Untuk Dimakamkan

Sejumlah pejabat publik juga terpantau hadir di TMP Kalibata, seperti Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo, mantan wakil presiden Jusuf Kalla, Wakil Menteri Agama Zainut Tauhid Sa'adi, Imam Besar Masjid Istiqlal Nasaruddin Umar, serta Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY).

Sebelum dimakamkan, jenazah telah disalatkan di kampus UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, Selasa pagi.

Salat jenazah Azyumardi dipimpin Imam Besar Masjid Istiqlal Jakarta Nasaruddin Umar.

Terlihat sejumlah tokoh hadir dalam salat jenazah hari ini, seperti Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko dan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan.

Sebagai informasi, Azyumardi Azra meninggal dunia di Rumah Sakit Serdang, Selangor, Malaysia, pada Minggu (18/9), sekitar pukul 12.30 waktu setempat.

Duta Besar Republik Indonesia (Dubes RI) untuk Malaysia Hermono mengatakan berdasarkan surat kematian yang dikeluarkan pihak rumah sakit disebutkan penyebab kematian Prof Azyumardi Azra yakni acute inferior myocardial infarction.

Sementara itu, jenazah Azyumardi telah tiba di tanah air pada Senin (19/9) malam. Jenazah Ketua Dewan Pers dan Guru Besar UIN Jakarta Prof Azyumardi Azra tiba di rumah duka di Ciputat Timur, Tangerang Selatan pada Senin (19/9) malam.

jenazah Azyumardi tiba di Bandara Soekarno Hatta pukul 22.40 WIB setelah diberangkatkan dari Malaysia pada pukul 20.45 waktu setempat melalui Bandara Internasional Kuala Lumpur Malaysia.

Baca Juga: Kenang Sosok Azyumardi Azra yang Humanis, Airlangga Hartarto: Lihat, Karangan Bunganya Sampai 1 Km



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x